Kaligrafi Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Arab Saudi Gelar “Light Show” di Dhee Ayn

 Kaligrafi Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Arab Saudi Gelar “Light Show” di Dhee Ayn

HIDAYATUNA.COM – “Light Show” atau pertunjukan cahaya menerangi bagian depan 58 istana di desa arkeologi Dhee Ayn di Baha untuk merayakan penetapan kaligrafi Arab ke Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Komisi Warisan Saudi mengatakan perayaan itu akan berlangsung selama seminggu dan pertunjukan cahaya yang terinspirasi oleh kaligrafi Arab, disertai dengan pertunjukan audio, akan menyoroti nilai bentuk seni ini dan warisannya sebagai simbol identitas Arab.

 

Kaligrafi Dhee Ayn

Menurut UNESCO, Dhee Ayn adalah salah satu desa arkeologi terpenting di Kerajaan.

58 istana batu bertingkatnya berada di atas gunung dan mengelilingi sebuah masjid yang membentuk inti desa. Terkenal dengan kekayaan pertaniannya yang melimpah dan mata air tawar yang telah menyembur selama ratusan tahun.

Orang-orang Dhee Ayn bangga desa mereka dipilih untuk merayakan ditetapkannya kaligrafi Arab pada Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Terutama karena banyak delegasi dan pengunjung dari dalam dan luar Kerajaan pergi ke desa untuk belajar tentang warisan dan sejarahnya.

Penambahan kaligrafi Arab dalam daftar UNESCO ini menyusul upaya Kerajaan bekerjasama dengan 15 negara Arab lainnya.

UNESCO mengatakan kaligrafi Arab adalah “praktik artistik tulisan tangan tulisan Arab dengan cara yang mengalir untuk menyampaikan harmoni, keanggunan dan keindahan.”

 

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 2 =