Kabar Gembira Tanah Suci, Muslim Indonesia Bisa Kembali Umroh

 Kabar Gembira Tanah Suci, Muslim Indonesia Bisa Kembali Umroh

Indonesia bisa kembali umroh tahun 2021 (Ilust/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Setelah sebelumnya Indonesia masuk daftar negara yang tidak diperkenankan umroh dan berkunjung ke Tanah Suci akibat wabah virus korona. Kini kabar gembira datang, Pemerintah Arab Saudi resmi mengumumkan kabar terbaru mereka.

Mengacu pada nota diplomatik yang dikeluarkan pemerintah Arab melalu dubesnya. Kini umat Islam di Indonesia sudah bisa menunaikan ibadah umrah lagi ke Tanah Suci. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Ia mengatakan alasan muslim Indonesia kembali diperbolehkan umroh. Lantaran kini penularan virus korona di Indonesia terus mengalami penurunan dari hari ke hari. Selain itu kegiatan vaksinasi juga sudah mulai merata di Indonesia.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia. Perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jemaah Indonesia,” kata Retno dalam keterangannya dilansir Senin (11/10/2021).

Retno menyebut, Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia saat ini sedang meminimalisir beberapa hambatan pembukaan kembali pelaksanaan umrah untuk jemaah dari Indonesia. Dirinya menjelaskan pembahasan teknis yang berkaitan dengan vaksin dan proses karantina saat ini masih dalam diskusi tahap akhir.

“Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari. Bagi para jemaah umroh yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” jelasnya.

Dia melanjutkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Serta otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia untuk membahas pelaksanaan kebijakan baru tersebut. Pada Agustus 2021 lalu, Arab Saudi telah membuka kembali penyelenggaraan ibadah umroh untuk negara-negara tertentu.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen + 2 =