Tempat Bersejarah

Julukan-Julukan Untuk Kota Mekah, Kalian Harus Tahu!


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Setiap kota kerap keli memiliki berbagai julukan. Biasanya julukan itu terkait erat dengan sesuatu yang melekat kuat pada kota tersebut. Salah satunya adalah Kota Mekah.

Sebagai kota lahirnya agama Islam, kota Mekah memiliki banyak julukan. Apa saja julukan julukan kota Mekah yang penting sekiranya untuk diketahui kita semua?

Berikut ini adalah deretan julukan kota Mekah sebagaimana dikutip Hidayatuna.com, Kamis, 10 September 2020 dari buku Misteri Mukjizat Mekah & Madinah karya Namin Asimah Asizun.

Pertama, Ummul Qura (pusat kota). Kota Mekah atau Mekah memiliki nama lain yakni Ummul Qura. Disenut demikian karena Kota Mekah menjadi kota yang paling padat kegiatan.

Allah SWT berfirman, yang artinya, “Demikianlah Kami wahyukan kepadamu al-Qur’an dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya. [Qs. Asy-Syuura: 7]

Kedua, Al-Baladul Amin (kota yang aman). Allah SWT berfirman, yang artinya, “Dan demi kota (mekah) ini yang aman. [Qs. at-Tiin: 3]

Ketiga, Ma’ad (tempat kembali). Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud Ma’ad atau “tempat kembali” dalam surat [Qs. al-Qashash: 85] adalah kota Mekah.

Allah SWT berfirman, yang artinya, “Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) al-Qur’an, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.” [Qs. al-Qashash: 85].

Keempat, Al-Baitul Haram. Allah SWT berfirman, yang artinya, “Dan (ingatlah) ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan): ‘Janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dengan Aku dan sucikanlah rumahKu ini bagi orang-orang yang thawaf.'” [Qs. al-Hajj: 26].

Sebagian para ahli tafsir menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Baitullah adalah Mekah. (Makkah fi al-Qur’an wa as-Sunnah).

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close