Jual Beli Rasulullah kepada Yahudi

HIDAYATUNA.COM – Rasulullah Saw ketika melakukan jual beli dengan kaum Yahudi, beliau pernah menggadaikan baju besi. Ketika beliau wafat, keadaan baju besinya masih tergadaikan pada seorang Yahudi. 

Hal ini menunjukkan, bahwa hingga akhir hayatnya, Rasulullah Saw masih melakukan transaksi jual beli dengan Yahudi. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Sayyidah Aisyah, dia berkata:

Annannabiyya Saw isytara tja’aaman min Yahudiyyin ila ajalin wa rahanahu dir’an min hadidin.

Artinya, “Sesungguhnya Rasulullah Saw membeli makanan dari seorang Yahudi dengan pembayaran ditangguhkan dengan menggadaikan baju besinya.”

Dalam hadis lainnya, “Annannabiyya Saw tuwuffiya wa dir’uhu marhunatun inda yahudiyyin bitsalatsina shaa’an min syairin.” Artinya, “Rasulullah Saw wafat dan baju besinya masih menjadi barang gadai pada seorang Yahudi dengan 30 sha’ gandum.” 

Rasulullah Saw juga pernah menerima hadiah dari Yahudi. Hal ini berdasarkan hadis, “Nabi Saw menerima hadiah dari seorang wanita Yahudi, yaitu seekor kambing pada Perang Khaibar.”

Selain itu, suatu ketika semasa beliau hidu, Rasulullah pernah mendatangi undangan kaum Yahudi. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Nabi Saw mendatangi undangan makan dari seorang Yahudi di Madinah, berupa hidangan roti gandum.” 

Rasulullah Saw juga pernah membayarkan denda kepada kaum Yahudi untuk menebus dan membela orang Yahudi. Saat itu mereka melakukan kesalahan hukum dan diganjar untuk membayar denda.

Meskipun dalam praktiknya kaum Yahudi termasuk orang-orang yang kejam dan suka membunuh, bertentangan dengan Islam. Namun dari segi sosial, Rasulullah Saw tetap melakukan transaksi jual beli kepada mereka dengan perilaku yang baik.

Kita bisa meneladani sifat Rasulullah Saw itu dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dari kesediaan beliau dalam mendatangi undangan makan kaum Yahudi, dan sifat amanah beliau Saw lainnya. Meskipun tidak harus dengan kaum Yahudi pula kita melakukannya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + seventeen =