Jimat Kuno Diklaim Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Israel

 Jimat Kuno Diklaim Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Israel

Jimat Kuno (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Benda antik yang disebut sebut sebagai jimat kuno ditemukan di Israel. Jimat itu dipercaya memiliki kekutan supranatural untuk menangkal mata setan.

Benda yang diklaim berusia 1.500 tahun itu berbahan dasar dari perunggu. Berukuran kecil, jimat kuno tersebut memuat tulisan nama Tuhan.

Selain itu juga terdapat tulisan simbol magis untuk perlindungan terhadap setan dan kutukan “mata jahat”. Benda temukan baru baru ini oleh seorang arkeolog Israel.

Sebelumnya benda itu telah ditemukan. Namun 40 tahun yang lalu tersebut hilang dicuri orang. Benda yang disebut dengan istilah jimat kuno penangkal mata setan itu akhirnya kembali ditemukan.

Dilansir dari Sindo News, Otoritas Barang Antik Israel (IAA) memperkirakan jimat itu berasal dari sekitar 1.500 tahun yang lalu selama periode Bizantium. Pada saat itu wilayah tersebut diperintah oleh Kekaisaran Romawi Timur. Saat itu Bizantium telah berganti nama menjadi Konstantinopel dan sekarang menjadi Istanbul.

Para arkeolog menemukan jimat perunggu, yang panjangnya sekitar 3 inci (8 sentimeter) dan lebar sekitar 1,5 inci (4 cm). Di dekat situs sinagoga Yahudi kuno di Arbel, di sebelah barat Laut Galilea.

“Jimat itu mungkin telah dikenakan oleh seseorang yang beragama Yahudi. Terlepas dari asal-usul agamanya,” kata Eitan Klein, seorang arkeolog dari IAA dilansir Senin (7/6/2021).

Jimat itu ditemukan di dalam pemukiman Yahudi yang berisi sinagoga pada abad Ke-5 dan ke-6 Masehi. Ini dapat menunjukkan bahwa bahkan orang Yahudi pada masa itu memakai jimat jenis ini untuk perlindungan terhadap mata jahat dan setan.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one + 2 =