Jet Tempur Pertama Umat Islam Dibanderol Harga USD100

 Jet Tempur Pertama Umat Islam Dibanderol Harga USD100

Jet Tempur Umat Islam (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kehadiran jet tempur TF-X atau Turkish Fighter-Experimental diklaim sebagai jet tempur pertama yang dimiliki umat Islam. Hal itu disampaikan oleh Kepala Turkish Aerospace Industries (TAI) Temel Kotil.

Ia mengatakan untuk harga jet tempur yang sebut sebagai jet tempur pertama umat Islam. Per unitnya seharga USD100 juta atau kurang lebih setara Rp1,4 triliun.

Pernyataan itu ia sampaikan saat sesi wawancara televisi setempat pada hari Senin (15/3) lalu. Jet tempur pribumi pertama Turki itu disebutnya sedang dalam proses pembuatan.

Rencananya, lanjut Kotil, akan diterbangkan secara perdana pada tahun 2025. Selain itu, keberadaan jet tempur ini akan menjadi penopang bagi Angkatan Udara Turki pada tahun 2029 mendatang.

Dalam proses penggarapannya ditargetkan setiap bulannya akan memproduksi dua pesawat TF-X. Dengan estimasi tersebut diharapkan mampu menyumbangkan pendapatan pertahun mencapai USD2,4 miliar.

“1.000 dari 4.000 insinyur TAI sedang mengerjakan program TF-X,” ungkap Kotil dilansir Kamis (18/3/2021).

Dalam program pengembangan jet tempur ini, TAI sempat mengajak Malaysia untuk bergabung. Selain Malaysia sejumlah negara seperti Indonesia, Pakistan, Bangladesh dan Kazakhstan juga ditargetkan untuk dijadikan partner.

Dalam wawancara itu, Bos TAI juga membahas proyek helikopter T929 kelas Atak II baru Turki yang menggunakan mesin buatan Ukraina.

Kotil mengatakan T929 berbobot 11 ton—versi yang lebih berat dari T129—akan didukung oleh mesin twin turboshaft 2.500-horsepower buatan Ukraina.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × two =