Jelang Ramadhan, Otoritas Mekkah Persiapkan Puncak Umrah

 Jelang Ramadhan, Otoritas Mekkah Persiapkan Puncak Umrah

Pemerintah Sedang Kaji Ketentuan Perlindungan Bagi Jamaah Umrah Backpacker (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Saudi Arabia –¬†Kota Mekkah di Saudi, tempat situs paling suci umat Islam berada, sedang melakukan persiapan untuk menyambut sejumlah besar jamaah selama bulan suci Ramadhan.

Sebuah komite yang dipimpin oleh Pangeran Saud bin Meshal, wakil gubernur Mekkah, meninjau rencana yang diajukan oleh berbagai lembaga pada pertemuan baru-baru ini, media Saudi melaporkan pada hari Rabu.

Rencana tersebut termasuk memfasilitasi masuk dan keluarnya umat Islam asing yang datang ke kerajaan untuk menunaikan umrah, ibadah haji kecil, di Masjidil Haram, Mekkah.

Direktorat Jenderal Paspor Saudi menjelaskan prosedur yang lancar dan cepat di berbagai pelabuhan di kerajaan tersebut.

Otoritas kesehatan juga memaparkan rencana operasi mereka selama Ramadhan, yang meliputi Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, pintu gerbang utama bagi jamaah umrah, serta fasilitas kesehatan di Mekah.

Bulan Sabit Merah juga menguraikan rencananya, termasuk mengerahkan tim medis di Masjidil Haram dan menyediakan layanan ambulans udara.

Ramadhan, yang diperkirakan dimulai pada 11 Maret tahun ini, adalah bulan lunar di mana umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam.

Hal ini juga merupakan musim puncak umrah di Arab Saudi.

Banyak peziarah yang melakukan umrah di Mekah juga mengunjungi Madinah, tempat Masjid Nabawi, situs tersuci kedua umat Islam, dan landmark Islam lainnya berada. []

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *