Jejak Langkah Rasulullah dalam Kesederhanaan Sandal Muhammad

 Jejak Langkah Rasulullah dalam Kesederhanaan Sandal Muhammad

Kesederhanaan Sandal Rasulullah (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Umat Islam bisa mengetahui semua aspek kehidupan Nabi Muhammad Saw, termasuk sandal sederhana yang digunakan Rasulullah. Pengetahuan itu dapat diketahui melalui khazanah hadis.

Abdul Fattah As-Samman dalam bukunya, dilansir dari Republika menjelaskan, sejumlah barang-barang yang pernah digunakan Nabi di kaki. Diriwayatkan Buraidah, dia berkata:

أنَّ النَّجَاشِيَّ أَهْدَى إلى النبيِّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ خفين أسودَيْنِ ساذَجَيْنِ فَلَبِسَهُما ثُمَّ تَوَضَّأَ ومسحَ عليهما

“Raja Najasyi (Ethiopia) memberi hadiah kepada Nabi dua khuf (alas kaki dari kulit yang menutupi mata kaki) berwana hitam polos, beliau memakainya dan berwudhu dengan mengusap keduanya.”

Kemudian barang lain yang digunakan Nabi dapat terlihat sebagaimana hadis dari Isa bin Thahman yang berkata:

أَخْرَجَ إلَيْنَا أَنَسٌ نَعْلَيْنِ جَرْدَاوَيْنِ لهما قِبَالَانِ، فَحدَّثَني ثَابِتٌ البُنَانِيُّ بَعْدُ، عن أَنَسٍ أنَّهُما نَعْلَا النبيِّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ

“Anas memperlihatkan kepada kami dua sandal bertali, kedua talinya dari depan ke belakang. Tsabit Al-Bannani kemudian menceritakan kepadaku, jauh dari Anas, bahwa sandal tersebut adalah sandal Rasulullah SAW.”

Adapun sifat sandal yang digunakan Rasulullah adalah terbuat dari kulit yang disamak, sementara kulitnya tidak lain kecuali kulit sapi. Diriwayatkan Sayyidah Aisyah, dia berkata:

“Rasulullah tidak terbiasa berjalan dengan kaki telanjang, tidak seperti jalannya penggembala dan tidak pula seperti jalannya orang yang hidupnya dirundung nestapa.”

Diriwayatkan Al-Mughirah bin Syu’bah, dia berkata, “Rasulullah sholat  atau senang sholat  beralaskan kulit yang disamak.”

Beberapa dalil menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bukanlah tipe orang yang sombong dan tidak pula berlaku israf (sikap yang memperturutkan keinginan melebihi semestinya).

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × four =