Jangan Sering Salat Tahajud, Begini Alasannya

 Jangan Sering Salat Tahajud, Begini Alasannya

Tahajud Sebelum Tidur, Apakah Boleh? (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Rembang – Gus Baha mengungkapkan bahwa Syekh Abdul Qadir Al Jailani menyarankan agar tidak menjalankan ibadah salat tahajud terlalu sering. Hal itu disampaikan dalam kesempatan pengajian ulama alim asal Rembang, KH Ahmad Bahauddin tersebut. Lantas apa alasannya?

Sebagaimana dilansir dari channel YouTube Santri Official Ahad (21/11), Gus Baha mengatakan mengapa ibadah sunnah justru tidak boleh dilakukan terlalu sering. Gus Baha terlebih dahulu mengimbau agar menjalani kehidupan secara sederhana dan tidak berlebihan.

“Hidup itu biasa saja, tidak usah berlebihan, yang penting bisa senang dengan perkara yang halal. Sudah percaya saya,” kata Gus Baha.

Gus Baha kemudian mengatakan agar tidak melaksanakan salat tahajud setiap malam. Meskipun tahu bahwa ibadah tersebut sangat baik.

“Jadi kamu jangan marah dengan orang yang tidak tahajud. Meskipun kita tahu bahwa yang bagus itu tahajud. Tapi kalau salat tahajud jangan setiap malam, kadang-kadang saja,” jelasnya.

Beribadahlah dengan Rasa Rindu

Gus Baha menyampaikan ungkapan Syekh Abdul Qadir Al Jailani agar tidak sering melakukan ibadah sunnah. Gus Baha membeberkan alasan mengapa ibadah sunnah tidak boleh dilakukan terlalu sering.

“Kata Syekh Abdul Qadir Al Jaelani, ‘jangan sering orang Islam terlalu istiqomah melakukan perkara sunnah. Nanti akhirnya menjadikan perkara sunnah menjadi wajib’. Akhirnya nanti bosan dan menganggap itu masalah,” jelas Gus Baha.

“Ada orang Islam terbiasa salat tahajud. Suatu saat ketika ada pengajian atau sedang mikir hutang, setengah tiga belum bisa tidur. Mau tidur marah-marah dulu, ‘sekarang belum bisa tidur padahal nanti ada tahajud’. Akhirnya menganggap tahajud itu sebuah masalah,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan lebih lanjut bahwa ibadah yang baik yakni saat dilakukan karena rasa rindu dengan Allah.

“Beda kalau kamu biasa saja. Allah itu baik, sudah tahu saya lemah, makanya salat tahajud tidak wajib, terima kasih Gusti karena tidak diwajibkan. Akhirnya tidur lagi,” ungkapnya.

“Wah itu bagus sekali! Ternyata karena sangat dekatnya dengan Allah malah bangun salat tahajud bukan karena tertekan. Tapi karena kangen dengan Allah,” imbuhnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *