Jangan Pernah Mengeluhkan Hidup

 Jangan Pernah Mengeluhkan Hidup

Jangan Pernah Mengeluhkan Hidup (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Banyak orang yang mengeluh atas kehidupannya yang dirasa stagnan. Lalu mereka tidak bergairah untuk menjalani hidup. Padahal menurut pendakwah milenial, Habib Husein Ja’far Al-Hadar hidup yang dianggap stagnan, bisa jadi dambaan bagi orang lain.

Rasa syukur itulah yang menjadi poin penting dalam kehidupan.

“Banyak dari kita yang sering berpikir bahwa hidup kita itu begini-begini aja semakin hari semakin lelah semakin tidak semangat untuk menjalani hidup yang terus begini-begini aja,” kata Habib Ja’far dalam video singkat yang diunggah akun Instagram @galeri_maha, Selasa (19/07/2022).

Penulis buku ‘Ada Tuhan di Hatimu’ ini mengungkapkan bahwa seseorang yang selalu melihat orang lain di atas mereka, akan sulit untuk bersyukur.

“Ada hal yang perlu kita renungkan di tengah pikiran yang seperti itu. Bisa jadi dia adalah cita-cita dalam hidup seseorang. Oleh karena itu, kita diajarkan untuk melihat ke bawah agar kita mudah bersyukur atas apa yang kita dapatkan hari ini,” jelasnya.

Habib Ja’far menambahkan, seharusnya orang melihat di bawah mereka dan sesekali melihat orang lain orang di atas mereka supaya menjadi motivasi buat mereka.

“Sesekali ke atas untuk memotivasi diri kita agar kita bisa terus untuk menjadi lebih baik setiap hari. Hidup yang gini-gini aja itu bukan berarti tidak berkembang,” katanya.

Jika sudah berusaha namun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang didambakan, maka bersyukurlah sebab itu adalah kehidupan yang terbaik untuk mereka.

“Kalau kamu telah berusaha tapi tetap aja capaiannya karena artinya bahwa hidup yang gini-gini aja adalah hidup yang terbaik untuk karena itu adalah hidup yang terbaik untuk sehingga tidak perlu kemudian membandingkan hidupmu dengan hidup orang,” pungkasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *