Cancel Preloader

Jadwal Waktu Subuh Versi Kemenag Dapat Koreksi Muhammadiyah

 Jadwal Waktu Subuh Versi Kemenag Dapat Koreksi Muhammadiyah

Jadwal Waktu Subuh Versi Kemenag

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah mengeluarkan jadwal waktu salat. Namun Muhammadiyah menilai dalam rilis jadwal waktu salat yang dikeluarkan Kemenag ada yang janggal, khususnya jadwal waktu salat subuh.

Kejanggalan waktu subuh ini ditemukan oleh lembaga penelitian dan ilmu falak Muhammadiyah setelah mendapati ketidaksesuaian waktu yang dikeluarkan pihak Muhammadiyah dengan versi pemerintah.

Atas temuan itu, pihak Muhammadiyah pun melakukan koreksi secara detail atas jadwal waktu salat subuh versi Kemenag.

Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Mohamad Mas’udi menjelaskan. Pembahasan terkait masalah waktu subuh ini juga merupakan lanjutan dari temuan tiga lembaga mereka.

Dimana tiga lembaga yakni Islamic Science Research Network (ISRN) UHAMKA, Pusat Astronomi Universitas Ahmad Dahlan (Pastron UAD), dan Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU). Masing-masing menemukan kejanggalan tersebut.

“Berdasarkan temuan ketiga lembaga penelitian astronomi dan ilmu falak Muhammadiyah ini menyimpulkan bahwa ketentuan Kementerian Agama tentang ketinggian matahari pada waktu subuh di angka minus 20 derajat perlu dikoreksi.” Demikian kata Mohamad Mas’udi dikutip Senin (21/12/2020).

Sementara itu, lanjut dia, Majelis Tarjih dari hasil penelitiannya menemukan bahwa ketinggian matahari pada waktu subuh adalah minus 18 derajat. Angka itu merupakan angka yang akurat.

Hal itu ia sampaikan saat memaparkan Hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 pada Minggu 20 Desember 2020. Mengenai penjelasan koreksi jadwal waktu subuh versi Kemenag ini diunggah Muhammadiyah melalui situs resmi mereka.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan Alquran dan al-Hadis menunjukkan bahwa waktu subuh ditentukan oleh fenomena alam. Pandangan-pandangan para ulama-astronom pun diperlihatkan untuk menambah referensi terkait ketentuan waktu subuh ini.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen + 5 =