Israel Ingin Jalin Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

 Israel Ingin Jalin Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Israel Ingin Jalin Hubungan Diplomatik dengan Indonesia (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Israel mengungkapkan keinginannya untuk membangun hubungan diplomatik dengan Indonesia. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid.

Lapid menuturkan Israel berharap dapat membangun kesepakatan normalisasi dengan sejumlah negara mayoritas Muslim seperti Indonesia hingga Arab Saudi. Setelah berhasil membuka hubungan kerjasama dengan negara-negara lain seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, Maroko dan Amerika Serikat.

Dalam dua terakhir ini, Israel gencar melakukan sosialisasi diplomatik. Lapid mengatakan Israel sedang mencari cara memperluas Kesepakatan Abraham ke negara-negara lainnya termasuk Indonesia

“Jika Anda bertanya kepada saya negara penting apa yang sedang kami bidik, Indonesia adalah salah satunya, Arab Saudi tentu saja masuk. Tetapi hal-hal ini membutuhkan waktu,” ucap Lapid saat diwawancarai radio Angkatan Darat Israel, Kamis (27/1) seperti dikutip Reuters.

Lapid juga mengatakan Israel juga tengah menjajaki upaya normalisasi hubungan dengan sejumlah negara kecil lainnya yang ditargetkan disepakati dalam dua tahun mendatang.

Seperti diketahui, Arab Saudi dan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

Dalam beberapa tahun terakhir rumor normalisasi hubungan antara Israel dengan Arab Saudi dan Indonesia terus menguat.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *