Islam dan Kristen Nigeria Kompak Taati Protokol Covid-19

 Islam dan Kristen Nigeria Kompak Taati Protokol Covid-19

Islam dan Kristen Nigeria Kompak Taati Protokol Covid-19

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Dua badan keagamaan Nigeria, Dewan Tertinggi Nigeria untuk Urusan Islam (NSCIA) dan Asosiasi Kristen Nigeria (CAN) menjamin para jamaah akan menaati pedoman yang dikeluarkan Satuan Tugas Presiden (PTF) protokol terkait pencegahan Covid-19 di rumah ibadah.

Hal tersebut menyusul adanya pernyataan Pemerintah Federal akan kekhawatiran kemungkinan adanya penularan lang lebih luas di tempat-tempat ibadah selama pembukaan tempat ibadah untuk umum.

Menurut Juru Bicara NSCIA, Aselemi Ibrahim, sebelumnya pihaknya telah mengingatkan masyarakat muslim untuk sementara dapat beribadah di rumah. Hal tersebut menurutnya lebih baik.

“Kami sebelumnya telah menyarankan jika lebih baik umat Islam menjalankan shalat di rumah. Lebih aman seperti itu,” ucap Aselemi Ibrahim, dikutip hidayatuna.com, Senin (22/6/20).

Dilansir The Nation Newspaper, dua minggu lalu, pemerintah melalui PTF, memerintahkan pembukaan kembali rumah ibadah baik masjid maupun gereja. Tetapi di sisi pihak, mereka mengatakan pelanggaran pedoman Covid-19 merupakan sumber keprihatinan.

Kekhawatiran tersebut menurut Ibrahim patut disayangkan. Menurutnya, dengan dibuka kembalinya rumah ibadah pihaknya telah menghimbau masjid dan juga tempat ibadah agama lainnya di Nigeria telah bersepakat untuk menerapkan protokol kesehatan negara tersebut PTF secara ketat.

Senada dengan pihak NSCIA, CAN melalui Sekretaris Jenderalnya, Joseph Daramola juga menyayangkan jika pihgak pemerintah mengkhawatirkan tidak terlaksananya protokol kesehatan di tempat-tempat ibadah.

“Pemerintah beranggapan rumah ibadah tidak mematuhi semua tindakan pencegahan. Sementara mayoritas gereja mematuhi langkah-langkah pencegahan itu,” ucapnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × one =