Iran Gelar Hari Berkabung Nasional untuk Soleimani

 Iran Gelar Hari Berkabung Nasional untuk Soleimani

HIDAYATUNA.COM, Iran – Pemerintah Iran adakan Hari Berkabung Nasional menyusul tewasnya Qassem Soleimani, seorang komandan militer Iran akibat serangan udara Amerika Serikat di Baghdad. Hal tersebat ditetapkan oleh Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi pada Sabtu (4/1) kemarin.

“Perdana Menteri sekaligus Panglima Adel Abdul Mahdi memerintahkan penetapan hari berkabung nasional bagi jiwa para martir selama tiga hari mulai Sabtu,” demikian pernyataannya dikutip Ahad (5/1/2020).

Sebagai informasi, Soleimani merupakan jenderal berusia 62 tahun yang mengepalai pasukan Pengawal Revolusi Iran di luar negeri. Ia dianggap sebagai tokoh terkuat nomor dua di Iran setelah Pemimpin Spiritual Ayatollah Ali Khamenei.

Amerika Serikat membunuh Soleimani dalam serangan di Irak yang diperintahkan oleh Presiden Donald Trump.

Sebelum dimakamkan, jenazah Soleimani yang diiringi oleh puluhan ribu pelayat dibawa dengan mobil ke sejumlah kota suci di Irak, yakni Kerbala kemudian ke Najaf dan kota suci Syiah lainnya. Jenazah Soleimani juga dibawa ke putra ulama Syiah terbesar di Irak yakni Grand Ayatollah Ali al-Sistani.

Hari ini, Ahad (5/1) jenazah Soleimani dibawa ke kota suci Syiah, Mashhad di timur laut Iran kemudian ke Teheran. Pemerintah Iran menyatakan, jenazah Soleimani akan dimakamkan pada Selasa di kota kelahirannya, Kerman.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *