Cancel Preloader

Inilah Salawat Kesukaan Habib Ja’far Al Kaff, Wajib Amalkan!

 Inilah Salawat Kesukaan Habib Ja’far Al Kaff, Wajib Amalkan!

Habib Jafar Al Kaff

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Ulama kharismatik, Habib Ja’far Al Kaff memang telah meninggalkan kita. Namun amalannya selama ini tidak akan pernah bisa meninggalkan kita.

Inilah yang disebut amal jariyah, yang kebaikannya tak pernah terputus. Apakah amalan Habib Ja’far Al Kaff tersebut?

Habib Ja’far Al Kaff gemar bersalawat. Adapun salawat yang beliau sukai ialah sebagai berikut.

صَلَاةُ اللّٰهِ مَا لَاحَتْ كَوَاكِبْ # عَلَى احْمَدْ خَيْرِ مَنْ رَّكِبَ الْنَّجَائِبْ

Selagi bintang masih bersinar terang, semoga rohmat ta’dhim Allah # Senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad, sebaik-baiknya orang yang mengendarai unta yang bagus.

حَدٰى حَادِى السُّرٰى بِاسْمِ الْحَبَائِبْ # فَهَزَّ الشُّكْرُ اَعْطَافَ الرَّكَائِبْ

Para penggiring unta bersenandung dalam perjalanan malam, menyebut nama sang kekasih # Lalu rasa syukur (bahagia) itu menggoyangkan leher-leher unta yang dikendarai.

Bacaan Salawat Habib Ja’far

Ada banyak kesaksian yang menyebutkan peristiwa-peristiwa karomah kewalian Habib Ja’far Al Kaff. Termasuk Vokalis asal Kudus, Ustaz Ashfal Maula Kudus (Gus Apang) yang mengisahkan bahwa Habib Ja’far Al Kaff sangat menyukai salawat Kawakib.

Salawat itu kerap kali dibacakan Gus Apang saat mengikuti acara Maulid Nabi bersama Habib Ja’far.  Sejak kecil Habib Ja’far menggemari salawat tersebut.

Di Kabupaten Kudus sendiri yang dikenal sebagai kampungnya para wali, saat Maulid Nabi kerap dibacakan kitab Maulid Diba’. Dalam kitab tersebut terdapat bacaan salawat Kawakib.

Tengok saja dalam beberapa video yang diunggah oleh Grup Rebana Al Mubarok Qudsiyyah Kudus. Terpancar kebahagiaan dari raut wajah Habib Ja’far Al Kaff (almarhum) saat melantunkan salawat.

Habib Ja’far mengajak seluruh hadirin dan orang-orang di dekatnya untuk dengan lantang membacakan salawat tersebut.

Tiga Salawat Nabi yang Disukai Habib Ja’far Al Kaff

Ada lagi salawat yang sangat disukai Habaib Ja’far Al Kaff selain Kawakib. Ketika dibacakan salawat ini dengan iringan rebana dalama kegiatan Maulid Nabi, Habib Ja’far begitu gembira.

Salawat itu ialah hala’al Badru, Ya Rasulullah, dan Huwal Habib.  Untuk itu, bagi kita yang masih diberi kesempatan beramal di dunia ini, hendaknya kita mengikuti kebiasaan atau amalan para pendahulu kita.

Sebagaimana Habib Ja’far Al Kaff, semoga kita termasuk orang-orang yang menggemari salawat Nabi. Agar ketika di akhirat mendapat syafaat Rasulullah Saw. Aamiin.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − sixteen =