Cancel Preloader

Inilah Kunci Sukses Nabi dalam Berdagang

 Inilah Kunci Sukses Nabi dalam Berdagang

Kisah Sukses Nabi dalam Berdagang (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Nabi Muhammad Saw pada masanya hingga sekarang terkenal sebagai pedagang yang jujur. Kejujuran beliau inilah yang membawanya sukses dalam berdagang.

Dalam sejumlah riwayat, ada pekerjaan yang memiliki keutamaan tersendiri dan dibanggakan Nabi Muhammad. Apalagi kalau bukan pekerjaan berdagang.

Dalam buku Ensiklopedia Amalan Nabi Saw dikutip dari Republika.co.id, Abdillah Firmanzah Hasan menulis, Rasulullah Saw sejak muda adalah pedagang andal. Nabi Muhammad Saw sukses melebarkan sayap bisnisnya sampai ke berbagai tanah Arab.

Nabi Muhammad Saw menjadi pengusaha sukses yang membangun imperium bisnisnya dengan cara yang amanah dan jujur. Kejujuran inilah yang kemudian membawanya ke papan atas dan ketelibatan penjual lain dalam kejujuran .

Dari Rafi bin Khadij berkata bahwa ada yang bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah pekerjaan apa yang paling baik?”

Rasulullah menjawab,”Pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan tangannya dan juga setiap perdagangan yang mabrur (baik).” (HR Ahmad nomor 16628 dan Hakim no 2119)

Dalam hadis yang lain disebutkan bahwa pedagang yang jujur kelak akan berkumpul dalam barisan orang shaleh di akhirat titik dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang pedagang amanah jujur, dan Muslim akan dikumpulkan bersama orang-orang yang mati syahid pada hari kiamat nanti.” (HR Ibnu Majah nomor 2130)

Meskipun demikian bukan berarti kita tidak boleh mencari penghasilan dengan profesi selainnya. Selama pekerjaan tersebut halal, tidak merugikan orang lain, dan sesuai dengan nilai-nilai Syariat agama bekerja tetap menjadi kewajiban.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − one =