Cancel Preloader

Ini Penjelasan Mengapa Sekolah-Sekolah Islam Dihapus

 Ini Penjelasan Mengapa Sekolah-Sekolah Islam Dihapus

Penjelasan Sekolah-Sekolah Islam dihapus

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pengesahan undang-undang yang berisi kebijakan penghapusan seluruh sekolah Islam (madrasah) di Negara Bagian Assam di India menuai kontroversi.

Menteri Pendidikan Negara Bagian Assam, Himanta Biswa Sarma menjelaskan alasan penghapusan sekolah Islam di negaranya. Menurut dia, penutupan madrasah dilakukan karena mereka membutuhkan banyak dokter dan polisi dibanding imam masjid.

“Kita membutuhkan lebih banyak dokter, petugas polisi, birokrat, dan guru, dari komunitas Muslim minoritas daripada imam masjid,” kata Biswa Sarma dilansir dari iNews, Rabu (6/1/2021).

Penghapusan madrasah juga dilakukan karena mereka menganggap sekolah Islam di negara tersebut diklaim di bawah standar pendidikan nasional. Untuk itu, dengan UU baru, pihaknya akan menyediakan sekolah baru di luar sekolah Islam bagi anak-anak dari minoritas muslim di sana.

Kini akibat kebijakan tersebut, sebanyak 700 sekolah Islam di Negara Bagian Assam, India terancam ditutup. Penutupan akan segera dimulai pada April mendatang.

Meski telah disahkan, berbagai penolakan terus dilakukan. Salah satu penolakan datang dari oposisi. Mereka menyebut kebijakan penghapusan sekolah Islam sebagai bentuk sikap anti-Muslim dari pemerintah di negara mayoritas Hindu.

“Tujuannya (UU itu) adalah untuk memusnahkan Muslim,” kata salah satu anggota parlemen dari Partai Kongres Nasional India, Wazed Ali Choudhury.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 − 2 =