Ini Pekerjaan Malaikat Jibril Saat Tak Turunkan Wahyu Lagi

 Ini Pekerjaan Malaikat Jibril Saat Tak Turunkan Wahyu Lagi

Malaikat Penjaga Neraka (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Dari sekian banyak malaikat, Jibril-lah yang paling terkenal beserta tugasnya. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT. kepada Rasulullah.

Sebagaimana ketika Malaikat Jibril menurunkan wahyu pertama-Nya kepada Nabi Muhammad di Gua Hira. Lalu apa kini pekerjaan Malaikat Jibril ketika semua wahyu sudah diturunkan dari Allah kepada Rasul-Nya?

Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho, dilansir dari Republika menjelaskan bahwa jika ditamsilkan, maka Allah adalah Raja Diraja. Sedangkan malaikat adalah para pelayan di sebuah kerajaan.

Oleh karenanya, jumlah malaikat pun sangat banyak. Manusia tidak pernah tahu jumlah pastinya dari malaikat-malaikat yang ada.

Dari jumlahnya yang banyak itu, beliau menegaskan bahwa tak ada satu pun malaikat yang melanggar perintah Allah. “Seluruh malaikat bersikap patuh, dan mereka bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Untuk itu, tugas malaikat Jibril pun demikian,” kata KH Ahsin Sakho dikutip dari Republika.co.id, Senin (8/3/2021).

Bisa dibilang, Malaikat Jibril memiliki kedudukan paling tinggi dibandingkan malaikat-malaikat lainnya. Boleh jadi, lanjut KH Ahsin Sakho, Malaikat Jibril juga memiliki asisten-asisten malaikat lainnya.

“Dari sisi penciptaan dan pengorganisasian malaikat itulah, ada baiknya manusia yang hendak berorganisasi meniru standar mumpuni yang diciptakan Allah SWT. Kalau kita berorganisasi, tirulah organisasinya Gusti Allah. Semua ada SOP-nya, yang meninggal di dunia itu dalam sehari kan banyak sekali. Apa malaikat nggak keder (bingung)? Ya, pasti tidak karena malaikat maut itu punya anggotanya lah,” tutur beliau.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + 4 =