Kabar Nasional

Ini Manfaat Ibadah Haji Bagi Kesehatan Tubuh


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam ajaran Islam, ibadah haji merupakan syarat wajib kelima yang harus ditunaikan, dengan ketentuan bagi yang mampu. Jika dilihat dari sosio-cultur ibadah haji bisa menjadi medium untuk menjembatani rasa persaudaraan atau ukhuwah.

Adapun aspek teologisnya haji memiliki pesan hablu minannas. Tapi taukah Anda, jika haji ternyata memiliki manfaat secara medis. Hal ini disampaikan Imam Musbikin dalam bukunya Dahsyatnya Mukjizat Haji & Umrah bagi Kesehatan.

Ia menjelaskan, dalam thawaf misalnya, ada pengaruh besar dalam diri kesehatan kita. Musbikin mengatakan, haji yang selama ini dinilai sebatas ritual wajib keagamaan umat Islam, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani bagi pelakunya.

Ia mencontohkan, soal berlari-lari kecil (sa’i) dan berjalan ketika thawaf bisa menjadi terapi ampuh untuk menyembuhkan penyakit jantung, mencegah stroke, mengontrol pola berat badan, dan mencegah penyakit diabetes.

Selain dari sa’i dan thawaf di atas ada sisi kesahatan lain, seperti tahallul (cukur rambut) juga mempunyai banyak manfaat. Misalnya, dengan melakukan tahallul rambut bisa lebih pendek sehingga mudah diatur dan secara higenitas terhindarkan dari kotoran yang menempel di kepala atau dalam bahasa medisnya dermatitis seboroik.

Ia menyebutkan bahwa pengaruh thawaf terhadap kesehatan jiwa dan raga. Thawaf merupakan salah satu rukun haji yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Thawaf tanpa disadari telah merepresentasikan bentuk siklus kehidupan bumi.

Dimana bumi melakukan rotasi yang kemudian memunculkan pergantian iklim, tahun, bulan, dan jam. Jika ditinjau lebih jauh lagi, Ibn Atha’illah Asyakandari dalam karyanya Al-hikam menemukan sebuah ketenangan dalam ritus tahwaf. Bahwa ritus thawaf menyimpan dimensi kebatinan yang sangat luar biasa besar. Terdapat keheningan jiwa dalam raga, yang menyimbolkan kontruks kontemplasi secara menyeluruh.

Baca Juga :  Fatwa MUI Disebut Tidak Bertujuan Jauhkan Umat dari Masjid

Ibadah haji menyimpan misteri yang sulit dinalar oleh rasio manusia. Khasiat ibadah haji yang berpengaruh terhadap mental kekebalan tubuh dan kesehatan jiwa merupakan kenyataan secara medis, yang membuktikan bahwa ada nilai-nilai tersebunyi di balik kemukjizatan haji dan umrah bagi setiap pelaku yang menjalankannya.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close