Cancel Preloader

Ini Kiat-kiat Mengatasi Rasa Bosan dalam Islam

 Ini Kiat-kiat Mengatasi Rasa Bosan dalam Islam

kiat kiat

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Tanpa kita sadari rasa bosan itu menjadi bagian dari diri manusia serta bisa menyerang pada siapa saja yang masih hidup. Meski penyebab rasa bosan itu tidak sama pada setiap individu, yang paling penting adalah apa yang bisa dilakukan ketika bosan melanda.

Melalui rasa bosan, kita bisa mengenali diri sendiri agar bisa mengeksplor diri dan mengetahui dampak yang ditimbulkan dari rasa bosan yang melanda. Rasa bosan juga pernah disinggung oleh Amr bin Ash Radhiallahu’anhu mengatakan:

Aku tidak bosan dengan pakaianku selama masih bisa dikenakan, aku tidak bosan dengan istriku selama ia masih memperlakukanku dengan baik, dan aku tidak bosan dengan kendaraanku selama ia masih bisa dikendarai, sesungguhnya sifat bosam termasuk akhlak yang buruk.

Meski demikian, sebenarnya banyak sekali hal-hal yang membuat kita bosan. Bisa faktor internal, dari kita sendiri atapun faktor eksternal, lingkungan.

Penyebab rasa bosan ini beragam, mulai dari ketiadaan aktifitas yang dilakukan, melakukan aktifitas yang sama secara berulang-ulang, mengalami stagnasi dalam hidup, atau karena hal lain.

Jika sedang bosan,beberapa alternatif ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa bosan.

1. Melakukan aktifitas baru

Kegiatan ini bisa dilakukan untuk menghiraukan kebosanan. Apalagi ketika Anda merasa bosan dengan segala aktifitas. Bosan dengan pekerjaan, bosan dengan kegiatan yang itu-itu aja. Bisa dipastikan, Anda butuh aktifitas baru, untuk menyegarkan pikiran sehingga akan merasa lebih baik dengan menikmati kegiatan baru tersebut.

Anda bisa memulai dengan bermain gitar, berjualan di marketplace, bermain aplikasi sosial media , workout, menulis cerita, atau menghabiskan kuota dengan menonton youtube.

Meski demikian, alternatif tersebut harus menjadi pertimbangan kita ketika sedang bosan. Jangan sampai melakukan hal yang merugikan bagi diri sendiri ataupun orang lain. Aktifitas yang bermanfaat perlu menjadi prioritas bagi diri kita ketika sedang merasa bosan.

2. Treatment healing

Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan melakukan treatment badan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan. Aktivitas ini bisa menghilangkan rasa bosan sehingga badah menjadi lebih nyaman, segar, dan yang pasti lebih baik.

3. Escaping

Cara ini dilakukan dengan melarikan diri dari segala hal tentang kesibukan. Baik itu segala hal yang ada di pikiran mau pun dunia nyata.

Anda bisa pergi ke pantai untuk melihat senja meskipun sendiri, atau minum kopi di pagi ditemani sunrise yang menyejukkan pinggir sawah dengan melepaskan segala beban pikiran yang ada pada dirimu.

Jika semua hal yang diatas sudah Anda lakukan, akan tetapi belum bisa menghilangkan rasa bosan. Akhirnya rasa syukur menjadi alternatif yang perlu dijadikan pedoman seseorang ketika mengalami rasa bosan.

Mengingat Sang Pencipta selaku Tuhan Maha Welas Asih serta Sang Maha Agung mengingatkan pada nikmat yang tidak henti-hentinya dalam memberikan  kenikmatan hidup.

Tentu kita akan berfikir ulang dengan rasa bosan yang melanda. Kegiatan ini dilakukan dalam berbagai macam bentuk. Mengingat Allah dengan berdzikir, membaca Al-Quran ataupun dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Itulah kiat-kiat mengatasi rasa bosan yang bisa Anda praktikkan dalam Islam. Sesungguhnya rasa bosan tidak begitu nampak jika kita pandai bersyukur, entah dengan ucapan maupun dengan memanfaatkan apa yang ada dengan baik.

Muallifah

Muallifah

Mahasiswa S2 Universitas Gajah Mada, Penulis lepas

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 + three =