Ini Jenis Daging yang Digemari Rasulullah

 Ini Jenis Daging yang Digemari Rasulullah
Digiqole ad


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Sebagai seorang Rasul, Nabi Muhammad tetaplah seorang manusia. Ia juga memiliki kesukaan atau kegemaran dalam hal makanan. Salah satu jenis makanan yang digemari oleh Rasulullah adalah daging.

Lantas daging jenis apakah yang digemari Rasulullah? Dikutip dari buku Panduan Diet Ala Rasulullah, yang ditulis oleh Indra Kusumah menyebutkan bahwa salah satu jenis daging yang disukai Rasulullah adalah jenis daging kambing.

Rasulullah suka daging kambing yang bagian lengan. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam beberapa keterangan.

“Sesungguhnya Rasulullah suka memakan daging terutama bagian lengan dari daging seekor kambing,” ungkap Indra Kusumah dikutip, Ahad (21/6/2020).

Abu Hurairah berkata: “Suatu ketika dihidangkan ke hadapan Rasulullah saw semangkuk bubur dan daging. Maka beliau mengambil bagian lengan (dari daging tersebut), dan bagian itulah yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad.” (HR. Muslim).

Menurut Indra Kusumah, daging merupakan makanan yang enak dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Kesukaan Rasulullah terhadap lengan daging kambing ini pula yang dimanfaatkan oleh orang Yahudi untuk meracuni Rasulullah.

Abdullah bin Mas’ud berkata: “Rasulullah sangat menyukai daging bagian lengan, dan beliau pernah diracuni dengan cara meracuni lengan kambing yang akan dimakan oleh Rasulullah. Sahabat berpendapat bahwa yang meracuni tersebut adalah orang-orang Yahudi.” (HR. Abu Dawud).

Bahkan daging juga merupakan jenis makanan yang sangat penting bagi manusia sepanjang zaman, baik di dunia maupun di akhirat. Allah SWT menjelaskan dalam al-Qur’an bahwa daging termasuk makanan para penghuni surga:

“Dan Kami telah persiapkan bagi mereka dengan buah-buahan dan daging yang mereka sukai.” (Qs. ath-Thur [52]: 22).

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − five =