Ini Cara Menghindari 4 Fitnah Paling Seram di Dunia

 Ini Cara Menghindari 4 Fitnah Paling Seram di Dunia

fitnah seram

HIDAYATUNA.COM – Fitnah atau ujian sejatinya mampu menjerumuskan manusia kepada kemaksiatan sekaligus secara tak langsung pada azab Allah. Ketika manusia sudah terjebak dalam suatu fitnah, maka akan sulit untuk keluar dari fitnah tersebut.

Untuk menghindari dan mewaspadai bahaya dari fitnah, sebaiknya kita perlu tahu dulu macam-macam fitnah paling menyeramkan yang ada di dunia. Dalam Islam sendiri, ada tiga jenis fitnah yang dapat menimpa manusia yakni fitnah wanita, fitnah harta, dan fitnah takhta (kekuasaan).

Allah berfirman, “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini. Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)”. (QS Ali Imran: 14).

1. Fitnah Wanita

Fitnah wanita merupakan fitnah yang paling menyeramkan. Bahkan kedahsyatannya tertulis jelas dalam banyak ayat Al Qur’an dan juga berbagai hadits Rasulullah. Dalam surat Ali Imran ayat 14 sendiri, wanita disebutkan paling pertama.

Terdapat banyak bentuk fitnah wanita, dan terjadi pada segala golongan manusia mulai dari golongan teratas seperti pemimpin bahkan hingga yang paling kecil seperti masyarakat biasa.

Fitnah wanita juga terjadi bukan hanya kepada wanita selain istri. Jika wanita tersebut seorang istri, maka banyak para istri dapat membuat suaminya paling dari ibadah, dakwah, dan amal saleh yang seharusnya menjadi prioritas utama.

Sedangkan kalau wanita tersebut selain istri, maka fitnah dapat berbentuk perzinahan dan perselingkuhan.

Saking menyeramkan dan beratnya fitnah wanita, Rasulullah pernah bersabda, “Tidaklah aku tinggalkan fitnah yang lebih besar bagi kaum lelaki melebihi fitnah wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Fitnah Harta

Rasulullah bersabda,

”Berikanlah kabar gembira dan harapan apa yang menyenangkan kalian. Demi Allah bukanlah kefakiran yang paling aku takutkan padamu tetapi aku takut dibukanya dunia untukmu, sebagaimana telah dibuka bagi orang-orang sebelummu. Dan kalian akan berlomba-lomba mendapatkannya, sebagaimana mereka berlomba-lomba. Dan akan menghancurkanmu, sebagaimana telah menghancurkan mereka.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Bisa kita lihat bahwa Rasulullah sekalipun paling takut dengan umatnya yang berlomba-lomba dalam mendapatkan harta dunia. Harta dunia yang fana bisa membuat manusia buta serta menjadi rakus dan saling memfitnah satu sama lain.

Contoh fitnah harta adalah saat seseorang gemar mengumpulkan harta dan hidup dalam kemewahan hingga dirinya lupa dengan tujuan sesungguhnya di dunia yaitu untuk bertakwa kepada Allah Ta’ala. Dirinya menjadi buta dengan harta dan hanya senang jika berteman dengan sesama manusia yang dianggap setingkat dengannya.

3. Fitnah Kekuasaan

Takhta atau kekuasaan bisa membuat fitnah luar biasa bagi siapapun yang mendudukinya. Ketika kekuasaan yang ada dijadikan sebagai sarana untuk memperkaya serta berbangga diri, maka dirinya sudah terjerumus dalam fitnah yang menyeramkan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri pernah memberi peringatan bahwa kekuasaan hendaknya diperlakukan sebagai amanah yang tidak dikhianati. Bagi manusia yang masih lemah iman sebaiknya tidak mencoba untuk memegang kuasa, karena ditakutkan akan merugikan diri sendiri dan orang-orang yang dipimpinnya.

Peringatan ini disampaikan oleh Rasulullah kepada sahabatnya Abu Dzar dengan berkata, ”Wahai Abu Dzar, sesungguhnya engkau lemah dan sesungguhnya dia (kekuasaan itu) adalah amanah dan di hari kiamat akan menjadi siksa dan sesal kecuali yang mengambil sesuai haknya dan melaksanakan apa seharusnya dilaksanakan. (HR. Muslim).

4. Fitnah Dajjal

Fitnah satu ini merupakan fitnah terbesar dan terjadi menjelang hari akhir. Dajjal akan muncul di muka bumi dan menyebarkan fitnah terbesar guna menyesatkan manusia dari jalan kebenaran. Rasulullah sendiri telah memperingati betapa dahsyatnya fitnah Dajjal kelak. Beliau bersabda,

“Tidaklah Allah mengutus seorang nabi kecuali dia mengingatkan umatnya (dari bahaya Dajjal). Nuh telah mengingatkan umatnya dan juga para nabi yang datang setelahnya. Ketahuilah bahwa Dajjal akan keluar kepada kalian, dan sekali-kali tidak tersembunyi dari kalian. Dan Rabb kalian pun tidak akan menyembunyikannya dari kalian. (Beliau menyebutkan hingga tiga kali).” (HR. Bukhari).

Itu dia macam-macam fitnah yang sangat mengerikan. Tentunya sebagai umat muslim, kita bisa menghindari fitnah-fitnah tersebut dengan terus mendalami ilmu agama salah satunya mengenali dengan baik jenis fitnah, selalu mendekatkan diri kepada Allah, dan meminta perlindungan-Nya agar dijauhi dari fitnah.

Pipit Candra

https://hidayatuna.com/

Suka menulis hal-hal random yang dekat dengan dirinya.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − eight =