Warning: sprintf(): Too few arguments in /home/u7096914/public_html/wp-content/plugins/wp-user-avatar/includes/class-wp-user-avatar-functions.php on line 668
Cancel Preloader

Ini Cara Memuliakan Orangtua Untuk Membuka Jalan ke Surga

 Ini Cara Memuliakan Orangtua Untuk Membuka Jalan ke Surga

4 Hal yang Wajib Anda Perhatikan Agar Mencapai Riyadhah (Ilust/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Sejak kecil, orang yang pertama kali kita kenal adalah orangtua. Merekalah yang mulai merawat dan menjaga kita sejak lahir hingga terus bertambahnya usia.

Orangtua menyuapi kita makan dengan sabar, mengajari bagaimana caranya berjalan, menemani bermain, menemani kita tidur. Hingga kita bisa mengerti berbagai cara untuk melakukan sesuatu di dunia ini.

Jika kita hitung, berapa banyak pengorbanan orangtua, sudah pasti kita tidak bisa menghitungnya. Apalagi mereka melakukannya dengan sepenuh hati demi bisa memberikan yang terbaik untuk kita. Bahkan mereka rela mengorbankan segalanya agar bisa membuat kita bahagia dan hidup secara nyaman.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya sebagai seorang anak, kita haruslah patuh, menghormati, dan menyayangi orangtua. Jangan sampai kita membuat orangtua kecewa apalagi bertindak kasar pada mereka. Hal inilah yang akan membuat hati orangtua merasa sakit.

Agar orangtua kita merasa senang, maka sebagai anak penting sekali bagi kita untuk memuliakan mereka. Dengan cara inilah yang bisa membuka jalan bagi kita menuju surganya Allah SWT.

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk memuliakan orang tua?

Berkata yang Baik

Setiap orang pasti memiliki watak dan karakter masing-masing. Ada yang lemah lembut, penyabar, dan ada juga yang mudah emosi.

Tidak jarang saat kita sedang menghadapi suatu masalah, kondisi hati kita juga mudah memanas. Meski begitu, berusahalah untuk selalu mengendalikan diri agar tidak berkata yang kasar pada orang tua.

Perhatikan selalu sopan santun dan sikap kita saat berbicara dengan mereka. Hal ini akan menghindari sakitnya hati orangtua karena kata-kata kasar yang kita lontarkan pada mereka.

Selalu Mendoakan Orangtua

Cara kita berbakti kepada orangtua adalah dengan selalu mendoakannya. Bahkan saat orang tua sudah meninggal pun doa anak yang saleh dan salihah juga akan menyelamatkan mereka.

Setelah selesai salat, usahakan agar tidak beranjak dulu dan berikan waktu sejenak mendoakan orang tua. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 24:

“Wahai Rabb-ku, kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil.”

Merawat Orangtua yang Sudah Usia Uzur

Seringkali ada kejadian seorang anak yang tidak mau merawat orangtuanya ketika sudah usia uzur. Bahkan ada yang sampai tega menyerahkan orangtuanya ke panti jompo agar tidak merepotkan. Padahal, dalam kondisi ini sebenarnya bisa menjadi ladang amal untuk kita.

Ini saatnya untuk kita memberinya kasih sayang dengan sepenuh hati dan merawat orangtua dengan baik. Sebagaimana orangtua merawat dan menyayangi kita saat kecil tanpa ada rasa sedikitpun direpotkan.

Sesuai dengan hadis riwayat Muslim, Nabi Saw bersabda:

“Celaka, sekali lagi celaka, dan sekali lagi celaka orang yang mendapatkan kedua orangtuanya berusia lanjut. Salah satunya atau keduanya, tetapi (dengan itu) dia tidak masuk surga.”

Berikan Kehidupan yang Layak Pada Orangtua

Kita harus ingat kembali bahwa saat kecil, orangtua selalu memberikan banyak hal tanpa perhitungan kepada kita. Bahkan jika belum bisa dipenuhi, orangtua akan berusaha sekuat tenaga agar bisa memberikannya kepada kita.

Oleh sebab itu, kita juga patut untuk memberikan kehidupan yang layak dan nyaman pada orangtua. Jangan sampai kita menelantarkan mereka hingga membuat kita menyesal di kemudian hari.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 215:

“Harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah maha mengetahui.”

Dengan beberapa cara tersebut, insyaallah kita bisa membuka jalan surga dan memberikan kebahagiaan pada orangtua. Aamiin.

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen + fourteen =