Indonesia Dominasi 10 Daftar Universitas Islam Terbaik Dunia

 Indonesia Dominasi 10 Daftar Universitas Islam Terbaik Dunia

UIN Sunan Kalijaga (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Baru baru ini “Top Islamic University 2021” resmi diumumkan oleh lembaga pemeringkatan dunia 4ICU UniRank. Dalam rilisnya ia menyuguhkan data tentang sejumlah universitas-universitas Islam terbaik di dunia.

Dilansir dari Kompas, Selasa (27/4/201), 4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki.

Disebutkan bahwa secara sederhana, dapat dikatakan penilaian yang dilakukan oleh 4ICU menjadikan website universitas atau institut sebagai bahan penilaiannya. Berikut ini 10 besar universitas Islam terbaik dunia 2021 versi 4icu UniRank:

1. Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

2. Iran University of Science and Technology, Iran

3. Cairo University, Mesir Baca juga: Siswa, Kenali Tokoh-tokoh Ilmuwan dalam Peradaban Islam

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

5. Umm Al-Qura University, Saudi Arabia

6. Shahid Beheshti University of Medical Sciences, Iran

7. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia, Malaysia

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia.

10. Universitas Islam Indonesia, Indonesia

Setidaknya ada 3 kriteria utama sebuah perguruan tinggi (PT) dapat diikutsertakan dalam penilaian 4ICU. Pertama, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat.

Misalnya, di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sementara, PT yang belum terakreditasi tak masuk dalam kriteria penilaian 4ICU.

Kedua, PT yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Dengan demikian, lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan lainnya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU.

Ketiga, PT yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya (tatap muka).

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven − 4 =