Cancel Preloader

India Memiliki Mushaf Unik dan Langka di Dunia

 India Memiliki Mushaf Unik dan Langka di Dunia

India Memiliki Mushaf

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata India negara dengan mayoritas penduduk Hindu memiliki mushaf unik dan langka di dunia.

Dalam laporan yang dikutip Hidayatuna.com, Rabu (25/11/2020) saat ini di negeri berjuluk negeri Bollywood itu terdapat dua buah salinan mushaf Alquran langka.

Dua mushap berada di Kompleks Masjid dan Madrasah Darul Uloom di Kota Vadodara, India. Unik salah satu mushaf tersebut merupakan mushaf yang ditulis dengan menggunakan tembaga.

Tidak hanya unik karena ditulis dari tembaga, mushaf tersebut juga menjadi salah satu mushaf terbesar di dunia. Jika di Asia, mushaf ini yang paling besar.

Bisa dibayangkan berapa berat mushaf ini? Terlebih media yang digunakan adalah tembaga.

Proses penimbangan pun dilakukan terhadap mushaf ini. Hasilnya mushaf tersebut memiliki berat sekitar 800 kilogram.

Dengan berat mencapai 800 kilogram, mushaf ini tak cukup tiga orang untuk bisa membawanya. Layaknya mushaf-mushaf pada umumnya, mushaf unik dan langka ini memiliki tebal 632 halaman.

Sebelum di rawat dan disimpan di bawah Darul Uloom dengan memakai kaca khusus, mushaf ini awalnya tersimpan di Masjid Agung Kota Vadodara.

Darul Uloom Vadodara sendiri adalah sebuah Universitas dan sekolah Islam di Vadodara, kota terbesar ketiga di negara bagian Gujarat, India.

Namun lantaran kurang mendapat perawatan, karena memang tempat penyimpanannya tidak didesain layaknya museum untuk menyimpan benda bersejarah, membuat mushaf ini sempat rusak.

Kerusakan disebabkan karena terkena kelembaban ruangan. Namun pada 2007 lalu, mushaf itu diperbaiki.

Biaya perbaikan mushaf unik dan langka ini didanai langsung oleh Ali Khamenei, seorang pemimpin spiritual Iran.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen + thirteen =