Implementasi Termudah 9 Nilai Gus Dur

 Implementasi Termudah 9 Nilai Gus Dur

Gus Dur dan implementasi nilai-nilainya (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Rasanya kita terlalu sulit untuk implementasi 9 nilai Gus Dur saat ini. Bagaimana cara implementasi nilai-nilai Gus Dur dalam keseharian itu yang paling mudah dilakukan?

Pertanyaan serupa disampaikan dalam sesi tanya jawab Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG) yang diadakan oleh Sahabat Gusdurian Grobogan di Purwodadi. Berikut implementasi termudah dari 9 nilai Gus Dur menurut penulis:

1. Rukunlah

Gus Dur senantiasa meneladankan dan menyerukan supaya kita senantiasa rukun dengan sesama. Sebab, dengan rukun kita bisa bersatu padu. Kita sering tidak rukun penyebabnya juga sepele, yaitu, terlalu sering membela diri sambil menyalah-nyalahkan orang lain.

2. Pandanglah Orang Lain dengan Kasih Sayang

Gus Dur adalah seorang priyagung dengan maqom “alladzina yandzuruna ilal ummah bi’ainir rohmah“. Orang-orang yang memandang manusia/umat dengan pandangan kasih sayang.  

Jangan membeda-bedakan manusia dari agama, suku, golongan, status sosial, profesi dan berbagai kategori lainnya.  Cintailah mereka dengan tulus, memanusiakan manusia.

3. Gunakan Privilege untuk Menolong Sesama

Masing-masing dari kita hampir dipastikan memiliki privilege (hak istimewa) berdasarkan berbagai kategori yang kita miliki. Gunakan itu untuk menolong sesama kita, yaitu mereka yang tertindas.  

Misalnya, kita orang Islam, adalah golongan mayoritas. Gunakan keislaman kita untuk menolong non-Islam yang tertindas. Misalnya lagi, kita orang Jawa di sini kita mayoritas. Gunakan kejawaan kita untuk menolong nonJawa yang tertindas.  

Misalnya juga, kita mahasiswa atau sarjana kita gunakan posisi kita untuk mengadvokasi mereka yang pendidikannya di bawah kita.  

Seandainya kita berharta banyak. Gunakan harta kita untuk menolong mereka yang tidak cukup harta dari ketertindasan.

Demikianlah cara mengimplementasikan 9 Nilai Gus Dur yang sangat mungkin kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Shuniyya Ruhama

Pengajar Ponpes Tahfidzul Quran Al Istiqomah Weleri-Kendal

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen − eleven =