Cancel Preloader

Gus Baha

Ilmu Parenting Ala Gus Baha Untuk Para Ayah

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama kharismatik KH Ahmad Baha atau Gus Baha tidak hanya terkenal dengan kajian tafsir Alquran dengan pendekatan fiqhnya saja kuat, melainkan ilmu-ilmu lain. Salah satunya ilmu parenting.

Pada kesempatan ngaji online, Gus Baha sempat menyinggung tentang ilmu parenting yang menarik untuk diketahui para orang tua, khususnya bagi para ayah dalam mendidik anak-anak mereka.

Dikutip dari akun twitter Dawuh Guru menampilkan cuplikan quote Gus Baha yang menyinggung masalah mendidik anak. Dimana Gus Baha merujuk pada pengalamannya sendiri bagaimana orang tuanya dalam mendidik dia.

Gus Baha mengaku sejak kecil ia tidak pernah dimarahi ayahnya. Pendidikan demikian ini membekas sekali dalam dirinya. Sebab memarahi anak dinilai kurang tepat, karena akan menyebabkan trauma pada anak itu sendiri.

“Seumur hidup bapak saya tidak pernah memarahi saya. Kamu juga gitu jangan memarahi anak dan harus baik sama anak,” kata Gus Baha.

“Hikmahnya apa? Kalau kamu baik sama anak, nanti dia mengidolakan bapaknya. Kalau bapaknya sudah jadi idola mengajarkan kebaikan kepada anak akan sangat mudah,” sambungnya.

Menurut Gus Baha, orang tua adalah guru pertama bagi anak. Dari orang tua, seorang anak belajar dan meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Sehingga, perlakuan orang tua akan menjadi rujukan anak nantinya. Dari situlah nantinya akan mudah dalam membentuk mental dan karakter dari anak tersebut.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 + 20 =