Ilmu-Ilmu Ini Wajib Dipelajari Setiap Orang Islam, Apa Saja?

 Ilmu-Ilmu Ini Wajib Dipelajari Setiap Orang Islam, Apa Saja?

Mengenal Imam Hafs bin Ibrahim Al-Kufi, Sang Ahli Qira’at dari Baghdad (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa طلب العلم فريضة على كل مسلم yang artinya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang Islam laki-laki ataupun perempuan. Hadist ini jelas menyebutkan bahwa selama anda beragama Islam anda wajib menuntut ilmu akan tetapi ilmu apa yang wajib dipelajari agar keluar daripada tuntutan agama?

Para ulama mengatakan bahwa yang wajib dipelajari adalah ilmu yang kita lakukan sehari-hari sebagai seorang muslim yang mana itu mencakup 4 perkara.

Pertama, berkaitan Aqidah yaitu apa saja yang wajib diyakini oleh setiap orang muslim dari sifat-sifat wajib bagi Allah dan Rasulnya atau yang lebih dikenal dengan Sifat 50 seperti yang ada dalam Aqidatul awam. Alhamdulillah masalah aqidah ulama-ulama nusantara tidak kurang-kurang menjelaskan hal ini.

Kedua, berkaitan tentang ibadah yang setiap hari kita lakukan seperti salat, puasa, membaca Al-Qur’an yang artinya setiap orang mesti tau cara salat serta semua syarat dan rukunnya begitu pula jika ingin puasa atau zakat mesti belajar dahulu bagaimana caranya.untuk perempuan wajib hukumnya belajar hukum Haidh dan Nifas.

Ketiga, berkaitan tentang pekerjaan sehari-hari. Maka orang yang berdagang mesti tau bagaimana cara berdagang agar tidak dianggap “Curang” oleh Syariat terutama pedagang emas, perhiasan dan penukaran Uang ( Money Changer) ini mesti sangat berhati-hati karena memiliki syarat khusus diatas syarat jual-beli biasa yaitu mesti kontan, serah terima dimajlis kemudian sama beratnya jika sama jenisnya الحلول والتقابض والتماثل. Begitu pula seorang dokter mesti tau tentang hukum-hukum Islam terkait profesinya seperti mau berkholwat dengan pasien yang berlawanan jenis atau membuka aurat pasien untuk kepentingan medis. Jika dia tidak belajar sedangkan ada ust di kotanya maka setiap detik dosanya akan terus mengalir karena mengakhirkan belajar sesuatu yang wajib baginya.

Keempat, hal-hal terkait penyakit hati seperti apa itu hasut,iri, dengki dan sombong contohnya. Agar kita tidak terjerumus kedalamnya.ini adalah kadar dari tasawuf yang mesti diketahui oleh semua orang Islam yang mana jika tidak mengetahuinya maka seseorang itu berdosa.
Kadar dari hal-hal ini sangat mudah sekali untuk dipelajari sampai dulu saya ingin membuat daurah dalam ilmu fardhu ai’n selama 3 hari dalam spirit ” Belajar 3 hari Libur selamanya”.

Ironisnya berapa banyak orang-orang hadir majelis setiap minggu akan tetapi ilmu tentang fardhul a’in jarang atau bahkan tidak pernah dibahas. Hanya tentang fadhoil, hikmah-hikmah, ijazah-ijazah bahkan cerita-cerita yang digemari.hal-hal semacam ini tidak akan menjadikan orang yang hadir majelis keluar dari pada fardhu a’in. Wallahu A’lam.

Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *