Cancel Preloader

Idul Adha Saat Pademi, Laksanakan Kurban Dengan Protokol Kesehatan

 Idul Adha Saat Pademi, Laksanakan Kurban Dengan Protokol Kesehatan
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Bandung – Jelang hari raya Idul Adha, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 kurban tetap diperbolehkan akan tetapi ada beberapa aturan yang musti diterapkan mulai dari persiapan hingga pembagian daging kurban.

Beberapa aturan terkait proses kurban di tengah pandemi menurut Gin Gin telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nomor : 0009/SE/PK.320/F/06/2020.

Gin Gin mengatakan sesuai dengan surat edaran tersebut beberapa hal yang diatur dalam persiapan Idul Adha di antaranya mulai dari proses penjualan hewan kurban dimana baik penjual maupun pembeli harus mengenakan alat pelindung diri.

“Mulai dari penerapan jaga jarak diatur, kemudian penerapan personal hygiene jadi penggunaan alat pelindung diri apakah itu penjual atau pembeli, sampai pembatasan jarak hewan kurban pun diatur dan juga lokasi tempat hewan kurban itu dijual diatur sampai ke mekanisme penyembelihan itu diatur sampai ke masalah pemeriksaan kesehatan dan hasil kurban itu diatur pada dasarnya menerapkan protokol kesehatan,” jelas Gin Gin dalam sebuah sesi wawancara, Kamis (11/6/2020).

Alat pelindung diri yag dapat dikenakan oleh para penjual dan pembeli di antaranya adalah masker dan sarung tangan. Sementara itu, tempat penjualan hewan kurban juga harus menyediakan tempat mencuci tangan.

Pengaturan jarak di tempat penjualan hewan kurban juga harus diterapkan, jadi selain setiap pembeli dan penjual harus berjarak, antara hewan kurban yang dijual pun harus memiliki jarak.

“Intinya penerapan protokol kesehatan itu berlaku mulai dari tempat, penjual, pembeli, sampai ke hewannya,” tegasnya.

Gin Gin mengatakan pihaknya akan menyiapkan surat edaran lebih lanjut yang berisi bagaimana proses penjualan hingga penyembelihan dan penyaluran hewan kurban di kota Bandung.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 + 13 =