Hukum Membaca Qunut Saat Salat Witir Mulai 15 Ramadhan

 Hukum Membaca Qunut Saat Salat Witir Mulai 15 Ramadhan

Ulama dari Berbagai Negara Ikut Doakan Korban Gempa Turki (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Ada tradisi di kalangan NU, bahwa sejak malam 15 ramadhan, imam salat tarawih bersama jemaahnya mulai membaca qunut di akhir salat witir. Doa qunut yang dibaca adalah doa yang biasa dibaca pada saat qunut di salat subuh.

Lalu bagaimana sebenarnya pandangan ulama’ empat mazhab tentang pembacaan qunut di malam tanggal 15 ramadhan? Berikut penjelasannya:

Mazhab Hanafiyyah

Menurut mazhab Hanafiyyah, salat witir dilakukan sebanyak 3 raka’at dengan 2 tasyahhud; tasyahhud awal dan tasyahhud akhir, seperti halnya salat maghrib. Pendapat ini didasarkan pada hadis Sayyidah Aisyah:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُوْتِرُ بِثَلاَثٍ لاَ يُسَلِّمُ إِلاَّ فِي أخِرِهِنَّ. (رواه الحاكم)

“Dari sayyidah Aisyah ra., beliau berkata, “Rasulullah SAW. salat witir tiga raka’at dan tidak salam kecuali pada raka’at terakhir.” (HR. al-Hakim).

Pada raka’at pertama membaca surah al-A’la, raka’at kedua surat al-Kafirun dan raka’at ketiga surat al-Ikhlash, berdasarkan hadis:

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِي الْوِتْرِ بِسَبِّحْ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَفِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ بِقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَفِي الثَّالِثَةِ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ فَإِذَا سَلَّمَ قَالَ سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ يَمُدُّ صَوْتَهُ فِي الثَّالِثِ ثُمَّ يَرْفَعُهُ. (رواه النسائي)

“Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata bahwasanya Rasulullah SAW. pada saat salat witir membaca Sabbihisma rabbika al-a’la, pada raka’at kedua membaca Qul ya ayyuhal-kafirun dan raka’at ketiga membaca Qul huwa Allahu ahad. Usai salam, beliau membaca subhanal malikil quddus sebanyak tiga kali dengan memanjangkan suaranya pada bacaan yang ketiga.” (HR. al-Nasa’i)

Pada raka’at ketiga, di semua tahun – baik di bulan ramadhan maupun di luar bulan ramadhan, disunnahkan membaca doa qunut dengan pelan, baik imam, ma’mum atau orang yang salat sendirian. Qunut dibaca sebelum ruku’, kemudian ditutup dengan salam.

Mazhab Malikiyyah

Ulama’ Malikiyyah berpendapat bahwa salat witir hukumnya adalah sunnah mu’akkadah. Waktunya setelah salat isya’ sampai sepertiga malam. Tetapi juga boleh dilakukan setelah terbit fajar hingga tiba waktu salat subuh.

Jumlahnya 1 raka’at. Setelah al-Fatihah membaca surat al-Ikhlas dan surat al-Mu’awwidzatain. Menurut mazhab ini, qunut witir tidak disyari’atkan bahkan hukumnya makruh jika dikerjakan.

Mazhab Syafi’iyyah

Menurut mazhab Syafi’i, salat witir hukumnya sunnah. Jumlah raka’at minimalnya adalah 1 raka’at dan paling banyak 11 raka’at. Jika ingin menambah lebih dari 1 raka’at, maka sebaiknya (utamanya) dilakukan setiap 2 raka’at salam, lalu terakhir menambah 1 raka’at, berdasarkan hadis Ibnu Hibban:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَفْصِلُ بَيْنَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ بِتَسْلِيمَةٍ يُسْمِعُنَاهَا. رواه ابن حبان

“Dari Ibnu ‘Umar ra., ia berkata, “Rasulullah SAW. biasa memisah antara raka’at yang genap dengan raka’at yang ganjil dengan salam, dan kami dapat mendengarnya.” (HR. Ibnu Hibban)

Jika seseorang mengerjakan salat witir 3 raka’at, maka pada raka’at pertama disunnahkan membaca surat al-A’la (سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى), raka’at kedua membaca surah al-Kafirun (قَلْ يَا أَيُّهَا الْكاَفِرُوْنَ), dan raka’at ketiga membaca surat al-Ikhlash (قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ) dan mu’awwidzatain (قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ) berdasarkan hadis:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَقْرَأُ فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى مِنَ الْوَتْرِ بِـفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى وَفِى الثَّانِيَةِ بِـ  قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَفِى الثَّالِثَةِ بِـ  قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ. أخرجه أصحاب السنن الأربعة

“Dari sayyidah Aisyah ra., ia berkata bahwasanya Nabi SAW. pada raka’at pertama dalam salat witirnya membaca surat surat Al-Fatihah, lalu membaca sabbihis-ma rabbikal-a’la, raka’at kedua membaca qul yâ ayyuhal-kâfirûn dan raka’at ketiga membaca qul huwa Allahu ahad dan mu’awwidzatain (qul a’udzu birabbil-falaq dan qul a’ûdzu birabbin-nâs).” (HR. Ashab al-Sunan empat)

Jika seseorang mengerjakan satu raka’at, maka yang dibaca adalah surat al-Ikhlas dan Mu’awwidzatain. Salat witir sunnah dilakukan pada pertengaham malam (sekitar jam 12 malam) dan menjadikannya sebagai salat sunnah malam terakhir. Membaca doa qunut mulai pertengahan bulan ramadhan sampai selesainya puasa adalah sunnah.

Mazhab Hanabilah

Waktu yang utama untuk melaksanakan salat witir adalah pada akhir malam (sekitar jam 1:20 sampai waktu subuh), berdasarkan riwayat dari Abdullah bin Umar:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

“Dari Ibnu Umar ra. dari Nabi SAW., beliau bersabda, “Jadikanlah witir sebagai salat malam terakhirmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Paling utama salat witir adalah 1 raka’at, tetapi sah-sah saja jika dikerjakan sebanyak 3 raka’at atau lebih (7 atau 11 raka’at). Imam Ahmad berkata:

إِنَّا نَذْهَبُ فِي الْوِتْرِ إِلَى رَكْعَةٍ، وَإِنْ أَوْتَرَ بِثَلاَثٍ أَوْ أَكْثَرَ فَلاَ بَأْسَ

“Kami memilih dalam masalah salat witir hanya dengan satu raka’at saja. Jika ada yang melakukan witir tiga raka’at atau lebih, maka tidak mengapa.”

Pendapat tersebut didasarkan pada hadis Ibnu Umar:

عَنِ ابْنِ عُمرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أنَّ النبيَّ صلى الله عليه وسلمَ قَالَ: اَلْوِتْرُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيلِ (رواه مسلم)

“Dari Ibnu Umar ra., bahwasanya Nabi SAW. bersabda, “Witir adalah satu rakaat yang dilakukan di akhir malam.” (HR. Muslim).

Khusus pada bulan ramadhan, pelaksanaan salat witir disunnahkan secara berjemaah, sementara selain bulan ramadhan boleh berjemaah boleh tidak.

 

Referensi:

Wahbah al-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, (Beirut: Dar al-Fikr, 1985)

Abdurrahman al-Jaziri, al-Fiqh ‘ala al-Madzahib al-Arba’ah, (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2003.

Abdul Wadud Kasful Humam

Dosen di STAI Al-Anwar Sarang-Rembang

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *