Hari Jumat sebagai Yaumul Mazid

 Hari Jumat sebagai Yaumul Mazid
Digiqole ad

Para malaikat juga menyenbut hari Jumat sebagai Yaumul Mazid karena banyaknya pintu-pintu rahmat Allah SWT yang dibuka pada hari itu.

HIDAYATUNA.COM – Hari jumat dikenal sebagai Sayyidul Ayyam atau hari yang paling mulia dari 7 hari dalam seminggu, karena pada hari Jumat Allah SWT telah nabi Adam AS, pada hari Jumat kiamat akan terjadi, pada hari jumat Allah SWT memberi izin penduduk surga untuk menziarahi-Nya.

Para malaikat juga menyenbut hari Jumat sebagai Yaumul Mazid karena banyaknya pintu-pintu rahmat Allah SWT yang dibuka pada hari itu. Allah SWT juga melimpahkan anugerah dan melapangkan kebaikan serta terdapat waktu mulia yang pada waktu tersebut Allah SWT mengabulkan doa secara mutlak.

Hal ini dijelaskan dalam kitab I’anatut Tholibin, berikut terjemah lengkapnya :

Sayyid kita Al-Qutbu Al-Ghouts Al-Habib Abdullah Alawi al-Haddad telah berkata : Ketahuilah! “semoga Allah SWT memberimu keberuntungan” Sesungguhnya hari Jumat adalah Sayyidnya (Pemimpinnya) hari. Para malaikat menyebut hari Jumat sebagai Yaulum Mazid karena banyaknya pintu-pintu rahmat Allah SWT yang dibuka pada hari itu. Allah SWT melimpahkan anugerah dan melapangkan kebaikan. Pada hari Jumat terdapat waktu yang mulia, yang pada waktu tersebut Allah SWT mengabulkan doa secara mutlak. Waktu tersebut dirahasiakan pada keseluruhan hari, sebagaimana disampaikan oleh imam al-Ghazali RA dan yang lain.”

“Pada hari Jumat, hendaknya engkau selalu beramal shalih, dan beberapa kegiatan keagamaan. Janganlah engkau memiliki kesibukan lain kecuali kesibukan darurat yang tidak bisa ditinggalkan. Sesungguhnya hari ini hanya untuk akhirat. Cukuplah kerugian dan ketersia-siaan hari-hari lain untuk kesibukan duniawi. Sebaiknya bagi seorang mukmin, menjadikan seluruh hari dan malamnya dihabiskan untuk amal akhirat. Jika tidak mampu, dan kesibukan duniawi menghalanginya minimal dia menghabiskan hari Jumat ini untuk perkara-perkara akhirat.” Wallahu ‘Alam

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 3 =