Haramkah Mengadakan Perayaan Sedekah Bumi?
S. Bagaimana hukumnya mengadakan pesta dan perayaan guna memperingati jin penjaga desa (mbahu rekso, jawa) untuk mengharapkan kebahagiaan dan keselamatan, dan kadang terdapat hal-hal yang mungkar. Perayaan tersebut dinamakan “sedekah bumi” yang biasa dikerjakan penduduk desa (kampung), karena telah menjadi adat kebiasaan sejak dahulu kala?
J. Adat kebiasaan sedemikian itu hukumnya haram. Seperti yang tercantum dalam kitab:
- Futuhat al-Ilahiyah
قَالَ الْمُقَاتِلُ كَانَ أَوَّلُ مَنْ تَعَوَّذَ بِالجِنِّ قَوْمٌ مِنْ أَهْلِ الْيَمَنِ مِنْ بَنِي حَنِفَةَ ثُمَّ فَشَا ذَلِكَ فِي الْعَرَبِ فَلَمَّا جَاءَ الْإِسْلاَمُ صَارَ التَّعَوُّذُ بِاللّهِ تَعَالَى لاَبِالْجِنِّ
Orang yang pertama meminta perlindungan kepada jin adalah kaum dari Bani Hanifah di Yaman, kemudian hal tersebut menyebar di Arab. Setelah Islam datang, maka perlindungan kepada Allah menggantikan berlindung kepada jin.
- Ihya’ Ulum al-Din
فَلاَ يَجُوْزُ أَنْ يُمْزَحَ بِالْحَقِّ الْمَحْضِ مَا هُوَ لَهْوٌ عِنْدَ الْعَامَةِ وَصُوْرَتُهُ صُوْرَةُ اللَّهْوِ عِنْدَ الْخَاصَّةِ وَإِنْ كَانُوْا لاَيَنْظُرُوْنَ إِلَيْهَا مِنْ حَيْثُ أَنَّهَا لَهْوٌ.
Maka tidak boleh mencampurkan kebenaran murni dengan perkara yang dianggap sebagai permainan oleh kalangan orang awam, sementara bentuk permainan tersebut merupakan bentuk permainan bagi kalangan orang khusus, walaupun mereka tidak menilainya sebagai suatu permainan.
Sumber:
- Keputusan Muktamar Nahdlatul Ulama Ke-5 Di Pekalongan Pada Tanggal 13 Rabiuts Tsani 1349 H. / 7 September 1930 M.
- Hujjah al-Islam al-Ghazali, Ihya’ ulum al-Din dalam Murtadha al-Zabidi, Ithaf Sadah al-Muttaqin, (Beriut: Maktabah Dar al-Fikr, t. Th.), Juz VI, h. 557.
- Al-Jamal, Futuhat al-Ilahiyah ‘ala al-Jalalain, surah al-Jin.