Cancel Preloader

Hal-Hal Inilah yang Seharusnya Ditakuti Mukmin di Dunia

 Hal-Hal Inilah yang Seharusnya Ditakuti Mukmin di Dunia

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Sebagai seorang mukmin sudah seharusnya patuh dan taat dengan perintah Allah SWT. Apa yang diperintahkan Allah SWT semuanya ada dalam Alquran dan sunah Rasul.

Kita mengetahui bahwa dunia ini hanyalah sementara dan akhirat adalah keabadian. Namun, di dunia-lah segala kesenangan itu tersedia dan mampu membuat umat manusia tidak jarang terlena.

Apa yang kita lakukan di dunia ini hendaklah membuat kita tetap waspada. Jangan sampai kita tidak bisa mengendalikan diri dan membawa kita kepada perbuatan-perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Semua yang kita lakukan kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat.

Oleh karena itu, ada beberapa hal di dunia ini yang seharusnya ditakuti oleh mukmin. Sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Nashaihul ‘Ibad yang ditulis oleh Syekh Nawawi. Khalifah Utsman bin Affan mengatakan bahwa sebaiknya setiap mukmin takut dengan enam hal. Apa saja hal tersebut?

Takut Jika Allah SWT Mencabut Iman Kita Saat Sakaratul Maut

Iman adalah pondasi yang utama bagi umat beragama, yang mana tertanam sebuah keyakinan kuat kepada Allah SWT. Betapa pentingnya iman bagi umat beragama, tidak terkecuali bagi seorang mukmin sendiri. Oleh karena itu, bagi seorang mukmin sudah seharusnya takut jika Allah SWT sampai mencabut iman kita saat sakaratul maut.

Sebagaimana doa yang pernah dikatakan oleh Ibnu Mas’ud:

Ya allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keimanan yang tak tergoyahkan, kenikmatan yang tak berkesudahan, kebahagiaan hati yang tiada terputus dan kenikmatan bersanding dengan Nabi Muhammad saw di dalam surga yang paling tinggi dan abadi”.

Takut Pada Malaikat Pencatat Amal

Selama kita hidup di dunia pasti ada kesalahan yang pernah diperbuat. Baik kesalahan kecil hingga kesalahan besar. Setiap kesalahan tersebut nantinya akan dicatat oleh malaikat pencatat amal. Mukmin seharusnya takut jika sampai perbuatan-perbuatan kita yang memalukan dicatat dan diungkap saat Hari Kiamat. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat At-Thabrani, Nabi saw bersabda:

Malu di dunia lebih ringan daripada malu di akhirat”.

Takut Pada Setan Ketika Merusak Pahala Amal Baik

Ada berbagai hal baik yang bisa kita lakukan di dunia untuk mendapatkan pahala. Karena di akhirat kelak, amal kitalah yang akan ditimbang dan menjadi penentu tempat kita di surga atau neraka. Sehingga, kita seharusnya takut jika setan sampai merusak pahala amal baik kita.

Takut Malaikat Izrail Menyabut Nyawa Saat Kita Sedang Lalai Pada Allah

Kematian bisa menjemput kapan saja tanpa kenal waktu, usia, dan tempat. Jika memang sudah waktunya bagi kita untuk meninggalkan dunia, maka malaikat Izrail akan langsung mencabutnya. Hal tersebut tidak bisa kita tolak. Namun takutlah ketika malaikat Izrail mencabut nyawa kita dan saat itu kita sedang lalai pada Allah SWT.

Takut Pada Kesenangan Dunia

Dunia memang menawarkan keindahan dan kesenangan. Sehingga membuat kita sibuk dengan urusan dunia dan mengenyampingkan urusan akhirat. Inilah yang seharusnya kita takuti, yakni takut pada kesenangan yang dunia suguhkan dan lupa akan siksa di akhirat.

Takut Pada Keluarga

Takut pada keluarga yang dimaksudkan adalah ketika ada urusan yang sampai membuat kita sibuk. Dengan begitu, kita akan lupa untuk mengingat Allah SWT dan ketaatan kita pada-Nya semkin berkurang.

Itulah enam hal yang harus ditakuti oleh setiap mukmin di dunia. Ketika kita takut, maka dalam diri kita akan semakin tumbuh rasa cinta dan patuh kepada Allah SWT dengan menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi larangan-Nya.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 17 =