Haji 2021, Kemenag Sebut Belum Ada Kabar dari Arab

 Haji 2021, Kemenag Sebut Belum Ada Kabar dari Arab

Haji 2021 (Ilust/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam hitungan bulan lagi, ibadah haji 2021 akan mulai diselenggarakan. Namun hingga kini, soal izin pemberangkatan haji masih belum ada kejelasan dari pemerintah Arab Saudi.

Hal itu disampaikan oleh pelaksana tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi. Dirinya menjelaskan terkait izin pemberangkatan masih menunggu kabar lanjutan dari Arab.

“Sampai saat ini kami belum menerima pemberitahuan secara resmi tentang dibukanya pemberangkatan bagi jemaah di luar Saudi,” ujar Khoirizi dalam keterangannya dilansir dari Tempo, Selasa (25/5/2021).

Namun kabar yang beredar, lanjut Khoirizi, pemerintah Arab Saudi memberlakukan izin terbatas bagi jemaah haji dari luar untuk tahun ini. Kabar tersebut telah ramai beredar di media sosial.

“Jika kabar tersebut benar meski dengan kuota terbatas, patut disyukuri,” ujarnya.

Kenapa patut disyukuri? Sebab lanjut dia, karena jemaah haji asal Indonesia juga sudah menunggu lama. Terlebih pada tahun tahun lalu, para jamaah haji asal Indonesia juga tertunda dan tidak bisa berangkat.

Khoirizi memastikan akan terus berkoordinasi dengan perwakilan Indonesia di Arab Saudi untuk mendapatkan perkembangan informasi resmi dari Khadimul Haramain. Informasi tersebut penting sebagai rujukan pemerintah dalam mengambil kebijakan, serta persiapan dan mitigasi penyelenggaraan haji tahun ini.

Selain itu, Khoirizi mengaku sudah berkoordinasi dengan WHO Indonesia dan Kementerian Kesehatan untuk membahas masalah vaksin Sinovac yang digunakan jemaah Indonesia.

“Para pihak dalam rapat koordinasi tersebut mengkonfirmasi bahwa belum ada informasi resmi apapun dari Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji, termasuk soal vaksin, penerbangan, dan lainnya,” jelasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 − two =