Hadis Wudhu Menggugurkan Dosa

 Hadis Wudhu Menggugurkan Dosa

Pemandian umum harus terpisah antara lelaki dan perempuan (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Seorang guru mengaji memaparkan hadis kepada anak-anak, “Sehabis wudhu biarkan air di tubuh kalian menetes. Jangan dilap karena itu yang akan menggugurkan dosa.” Begitu sang guru menyampaikan manfaat wudhu.

Ucapan tersebut bukan sekadar ucapan karena perihal wudhu menggugurkan dosa juga disebutkan oleh Nabi Saw dalam sebuah hadis. Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadis Nabi Muhammad:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَنْ تَوَضَّأَفَاَحْسَنَ الْوُضُوْءَوَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَمْ يُحَدِّثْ نَفْسَهُ فِيْهِمَا بِشَيْءٍ مِنَ الدًّنْيَاخَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ.

Nabi Muhammad bersabda: Barangsiapa berwudhu, lalu ia berwudhu dengan sebaik-baiknya, dan kemudian ia salat dua rakaat (salat syukrul wudhu). Lalu dia tidak berbisik di hatinya ketika dalam sholatnya tentang sesuatu urusan dunia (tidak memikirkan dunia), maka dia terbebas dari dosa-dosanya seperti hati ia dilahirkan oleh ibunya.

***

Selain itu dalam hadis lainnya dijelaskan:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اِذَاتَوَضَّأَالْعَبْدُ الْمُسْلِمُ فَتَمَضْمَضَ خَرَجَتِ الْخَطَايَامِنْ فِيْهِ, فَاِذَااسْتَنْثَرَخَرَجَتِ الْخَطَايَامِنْ أَنْفِهِ, فَاِذَاغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَتِ الْخَطَايَامِنْ وَجْهِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ أَشْفَارِعَيْنَيْهِ , فَاِذَاغَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَتِ الْخَطَايَامِنْ يَدَيْهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ أَظْفَارِهِ, فَاِذَامَسَحَ بِرَأْسِهِ خَرَجَتِ الْخَطَايَامِنْ رَأْسِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ أُذُنَيْهِ ,وَاِذَاغَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتِ الْخَطَايَامِنْ رِجْلَيْهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ أَظْفَارِرِجْلَيْهِ ثُمَّ كَانَ مَشْيُهُ اِلَى الْمَسْجِدِ وَصَلَاتُهُ نَافِلَةً لَهُ.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Ketika berwudhu seorang hamba Muslim, kemudian dia berkumur maka keluarlah dosa-dosanya dari mulutnya. Ketika memasukkan dan menyemprotkan air ke hidung, maka keluar dosa-dosanya dari hidungnya.

Ketika ia basuh wajahnya, maka keluarlah  dosa-dosanya dari wajahnya hingga keluar juga dari bawah kelopak kedua matanya. Ketika ia membasuh kedua tangannya, maka keluar dosa-dosanya dari kedua tangannya hingga keluar juga dari bawah kuku-kukunya.

Ketika ia membasuh kepalanya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kepalanya hingga keluarlah dari bawah telinganya. Ketika dia membasuh kedua kakinya keluarlah dosa-dosanya dari kedua kakinya hingga keluar di bawah kuku kedua kakinya. Kemudian jalannya hamba Muslim itu ke masjid dan sholatnya hamba Muslim itu menjadi tambahan pahala baginya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen + 17 =