Gus Yaqut: Peran Ulama Sangat Penting Bantu Sosialisasi Prokes

 Gus Yaqut: Peran Ulama Sangat Penting Bantu Sosialisasi Prokes

Gus Yaqut (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Meningkatnya jumlah korban wabah virus di Indonesia, mendorong Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) untuk melibatkan para ulama. Menurutnya ulama memiliki peran penting dalam membantu mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) ke masyarakat.

Hal ini tak lain karena ulama menjadi sumber dan rujukan teladan kepada masyarakat dalam menerapkan prokes. Sebagaimana diketahui, lanjutnya, dalam hal penanganan pandemi bukan hanya tugas pemerintah pusat saja, melainkan juga seluruh warga negara termasuk ulama.

Pentingnya peran ulama dalam membantu mengatasi masalah penyebaran virus korona di sampaikan Gus Yaqut. Saat itu ia memberikan sambutan di acara Milad ke-46 Majelis Ulama Indonesia yang berlangsung secara virtual.

“Penanggulangan pandemi tentu bukan tugas pemerintah semata tetapi seluruh warga bangsa, dan termasuk para ulama. Saat-saat seperti sekarang ulama menjadi sumber dan menjadi rujukan teladan dalam prokes dan disiplin 5M,” kata Gus Yaqut, Senin, 26 Juli 2021.

Untuk itu dirinya menegaskan bahwa kerja sama ulama dalam penanganan wabah virus korona saat ini sangat penting. Dia meyakini masyarakat akan mengerti dan mendengar apa yang dikatakan para ulama.

“Saya ingin menegaskan kembali, sinergi ulama dan umaro dalam konteks ini sangat penting, menjadi keniscayaan dan keharusan dalam mengakhir pandemi dan melindungi masyarakat. Mari kita perkuat sinergi agar pandemi ini segera berakhir,” sambungnya.

Karenanya ia meminta kepada masyarakat agar mematuhi aturan pembatasan yang dibuat untuk kemaslahatan serta melindungi jiwa umat. Dia menjelaskan hingga saat ini pemerintah terus berupaya untuk melakukan perbaikan agar pandemi seger berakhir.

“Berbagai program pembatasan semata dilakukan untuk perlindungan jiwa. Program vaksinasi, dan penyediaan obat terus digenjarkan sehingga Indonesia bisa mencapai heard immunity. Ikhtiar batin juga dilakukan dengan terus memanjatkan doa,” bebernya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine + five =