Cancel Preloader

Gus Ulil: Israel Lakukan Kezaliman Keji pada Bangsa Palestina

 Gus Ulil: Israel Lakukan Kezaliman Keji pada Bangsa Palestina

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Cendekiawan muslim Indonesia, Ulil Abshar Abdalla mengaku merasa prihatin atas kezaliman yang dilakukan Israel terhadap bangsa Palestina.

Menurut Gus Ulil sapaan akrab Ulil Abshar Abdalla penderitaan yang dialami Palestina saat ini, mengingkatnya pada kejaharan masa lalu yang dilakukan Nazi, Jerman terhadap kelompok Yahudi.

Hal itu disampaikan Gus Ulil usai dirinya menonton film Book Thief, yang memotret bagaimana kekejaman bangsa Jerman terhadap bangsa Yahudi. Menurutnya apa yang dilakukan Jerman di masa lalu itu, sekarang sedang dipraktekkan oleh Israel terhadap Palestina.

Untuk itu, dirinya tak bisa lupa akan penderitaan yang dialami bangsa Palestina saat ini. Pernyataan ini diungkapkan Gus Ulil melalui unggahan di akun Twitter pribadinya @ulil dikutip Rabu (30/12/2020).

“Setiap menonton kejahatan masa lalu bangsa Jerman atas orang-orang Yahudi seperti dalam film “Book Thief” ini, saya tak bisa lupa pada penderitaan bangsa Palestine,” tulis Gus Ulil.

Ia menambahkan bahwa, “Negara Israel yang menjadi rumah bagi jutaan bangsa Yahudi itu, saat ini melakukan kezaliman yang keji pada bangsa Palestina,” jelasnya.

Sebelumnya ia telah menuliskan twitt, apa yang dilakukan Israel pada bangsa Palestina merupakan bentuk kebodohan abad ke-20.

“Menonton film “Book Thief”, dan menonton kebodohan Abad ke-20. Abad yang menyaksikan kebencian yang dikobarkan atas nama ideologi ‘keunggulan ras’ tertentu, ideologi nazisme. Manusia bisa merosot hingga ke level kejahatan seperti ini,” ungkapnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini, Palestina terus dihantui oleh tindakan represi dan serangan dari Israel. Berbagai penangkapan dan penyiksaan menyasar orang Palestina.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four − two =