Gus Baha Ungkap Siapa Sosok Rukhin dan Mustofa

 Gus Baha Ungkap Siapa Sosok Rukhin dan Mustofa

Gus Baha Ungkap Siapa Sosok Rukhin dan Mustofa


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama muda ‘alim asal Rembang, Jawa Tengah dan juga pakar turats Islam, KH. Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha akhirnya mengungkap siapa sosok Rukhin dan Mustofa yang sering disebut-sebut dalam setiap ngajinya.

Bagi siapapun yang sering mengikuti ngaji Gus Baha pasti tidak asing lagi mendengar nama Rukhin dan Mustofa. Keduanya kerap disebut Gus Baha sebagai bahan percontohan.

Hal ini yang membuat netizen akhirnya penasaran dengan dua sosok tersebut. Pada kesempatan acara Shihab & Shihab yang dipandu Najwa Shihab, Gus Baha akhirnya mengungkap sosok Rukhin dan Mustofa tersebut.

Sebelumnya Najwa Shihab mengajukan pertanyaan tentang Rukhin dan Mustofa ini mewakili netizen. “Siapa Kang Rukhin dan Kang Mustofa yang sering disebut-sebut oleh Gus Baha, apakah itu orang beneran?” tanya Najwa Shihab dikutip Ahad (2/8/2020).

“Itu orang beneran. Jadi saya ngaji itu kan, saya termasuk yang menghindari diundang di acara-acara publik. Kecuali pernah (ada hubungan) sepuh atau guru. Sehingga sebenarnya ngaji saya itu hanya istiqomah di Jogja dan di rumah (Rembang),” ujar Gus Baha menerangkan.

“Nah dulu kan saya kerja di UII Press, jadi sambil ngaji. Karena saya ini gak pernah gak ngaji memang. Singkat cerita dua orang ini (Rukhin dan Mustofa) termasuk yang pertama. Ketika (jamaah ngajinya) masih 20, ketika masih di kontrakan (di Jogja),” jelasnya.

“Karena adatnya pondok itu gojlok-gojlokan, ya akrab betul (sama Rukhin dan Mustofa. Ya, mereka menganggap saya gurunya, tapi ya (dia) berani makan di depan saya, ya berani apa saja, ya karena akrab,” sambung Gus Baha.

Jadi lanjut Gus Baha, memang harus ada yang diajak lawan bicara dalam setiap ngajinya. “Tapi memang (Rukhin dan Mustofa) temen akrab. Kalau sekarang anaknya sudah mondok di saya,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, selain mengundang sosok Gus Baha, acara bertajuk Shihab & Shihab spesial edisi merayakan hari raya Idul Adha ini juga menghadirkan pakar tafsir al-Qur’an Quraish Shihab. (MK/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × four =