humor

Gus Baha Ceritakan Doa Unik Imam Syafi’i yang Haram Ditiru

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama muda alim, KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang biasa akrab dikenal Gus Baha pada sebuah kesempatan pengajiannya menceritakan sebuah doa unik yang dibacakan oleh ulama mazhab, Imam Syafi’i.

Gus Baha bercerita pernah suatu ketika Imam Syafi’i didatangi oleh seseorang yang kebetulan saat itu ada salah satu keluarganya yang meninggal. Sang tamu mengundang Imam Syafi’i untuk memintanya agar ia bersedia untuk mendoakan mayit keluarganya.

Karena sudah diminta dengan sungguh-sungguh, Imam Syafi’i pun tentu saja menyanggupi untuk menghadiri undangan tersebut. Akan tetapi, ungkap Gus Baha dalam ceritanya, ketika tiba giliran Imam Syafi’i mendoakan si mayit.

Beliau justru doa dengan singkat dan terdengar sangat tidak lazim. Adapun doa yang dibacakan Imam Syafi’i sebagaimana yang diriwayatkan Gus Baha adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, engkau itu tetap menjadi Tuhan meskipun tidak menyiksa mayit orang ini, jadi menyiksa orang ini tidak menjadi kebutuhan engkau, kalau tidak kebutuhan engkau ya tidak usah dilakukan ya Allah.”

“Gitu doang Itu terus beliau langsung pulang,” tutur Gus Baha.

Terang saja sekeluarga si mayit itu menggerutu, kok doanya seperti itu saja.

Akan tetapi sekeluarga itu kemudian bermimpi jika si mayit tersebut telah diampuni dosanya sebab gara – gara doanya Imam Syafi’i itu.

Gus Baha kemudian menjelaskan “Doa unik tersebut tidak untuk ditiru, haram,” pungkas gus Baha sambil tersenyum.

Sebagai informasi, Imam Syafi’i adalah salah seorang mujtahid fiqih terkemuka bersama 3 imam lainnya yang terkenal dengan sebutan madzahib arba’ah ( 4 Madzhab) yang menjadi rujukan hukum fiqih seluruh dunia hingga saat ini.

Baca Juga :  Humor: Helm atau Peci
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close