Gus Baha Anjurkan Baca Surah Ini Jika Ingin Selamat

 Gus Baha Anjurkan Baca Surah Ini Jika Ingin Selamat

Pesan Gus Baha kalau meninggal tidak usah mengabari santri (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Ada salah satu surah yang ketika dibaca dapat menghalangi Anda dari siksa kubur. Gus Baha atau K.H Ahmad Bahaudin Nursalim menganjurkan agar umat Muslim rutin membaca surah ini.

Gus Baha mengatakan bahwa surah ini keutamaannya melebihi ayat kursi. Apalagi jika mampu dihafalkan dan diamalkan dalam setiap kesempatan.

Menurut Gus Baha, surah ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak mampu menghafal Alquran. Sebab, seseorang yang mampu menghafal satu surah ini akan mendapatkan keutamaan yang hampir sama dengan menghafal Alquran.

Alquran sebagai kitab suci agama Islam memiliki derajat sangat tinggi. Siapa yang mampu menghafalnya maka akan mulia di hadapan Allah. Penghafal Alquran yang tulus tanpa embel-embel riya’ juga akan dijanjikan surga yang paling tinggi.

Orang yang tak mampu menghafal seluruh isi Alquran, memiliki kesempatan untuk menempati kedudukan yang sama dengan para penghafal. Ialah dengan membaca salah satu surah yang disebut sebagai surah penyelamat ini.

Surah penyelamat ini oleh Gus Baha kemudian dijelaskan dalam hadis At-Thobroni. Rasululullah Saw bersabda,

لوددت أنها في قلب كل انسان من أمتي

Artinya: “Sesungguhnya saya sangat senang jikalau surat Tabarok itu berada di setiap hati manusia dari golongan umatku.”

Menurutnya, apabila mengamalkan dan menghafal surah Tabarok atau surah Al-Mulk ini akan dibela di hari kiamat. “Tabarok (Al Mulk) itu sebagai penghalang dari siksa kubur, tabarok itu sebagai Munjiyat atau penyelamat,” jelasnya dalam pengajian Gus Baha.

Lebih lanjut, beliau mengatakan minimal ketika tidak hafal keseluruhan Alquran paling tidak hafal surah Al Mulk. Sebab telah banyak riwayat yang menerangkan bahwa Tabarok ini sebagai Mani’ul adzab, Munjiyat atau penyelamat.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + eight =