Gempa Bumi Guncang Turki-Suriah: Korban Meninggal Lebih dari 5000 Orang

 Gempa Bumi Guncang Turki-Suriah: Korban Meninggal Lebih dari 5000 Orang

Gempa Maroko Rusak Masjid Peninggalan Abad 12 M (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Turki –¬†Korban tewas akibat dua gempa besar di Turki dan Suriah telah melampaui 5.000 saat tim penyelamat bekerja untuk menemukan mereka yang terjebak di bawah reruntuhan.

Ribuan pekerja pencarian dan penyelamatan telah dikirim oleh pemerintah Turki, sementara Amerika Serikat, Uni Eropa, Iran, Inggris, Rusia, dan Korea Selatan mengirimkan sumber daya dan tim untuk membantu operasi penyelamatan dan bantuan.

Turki dan Suriah juga akan menerima bantuan dari negara-negara Teluk. Uni Emirat Arab mengatakan akan mengirimkan tim pencarian dan penyelamatan ke kedua negara, mendirikan rumah sakit lapangan di Turki dan mengirim pasokan darurat ke Suriah.

Dubai juga menjanjikan $13 juta dalam bantuan kemanusiaan ke Suriah. Qatar mengatakan sedang mengirim tim pencarian dan penyelamatan dan peralatan rumah sakit ke Turki.

Beberapa jam ke depan akan sangat penting bagi kelangsungan hidup mereka yang masih terjebak di bawah reruntuhan, karena suhu yang hampir membekukan di wilayah tersebut dapat membuat korban yang selamat terkena hipotermia.

Setidaknya 3.419 orang tewas dan 20.534 lainnya terluka di 10 provinsi Turki, menurut Anadolu Agency. Lebih dari 1.600 orang juga tewas di Suriah.

Dan jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat secara signifikan.

“Ada potensi terus terjadi keruntuhan lebih lanjut, jadi kami sering melihat urutan peningkatan delapan kali lipat pada jumlah awal,” kata Catherine Smallwood, petugas darurat senior Organisasi Kesehatan Dunia untuk Eropa, sebagaimana dikutip dari middleeastmonitor.net.

Gempa Bumi pada Senin lalu adalah yang paling mematikan di Turki sejak 1999, ketika gempa bumi di Kocaeli menewaskan lebih dari 17.000 orang. Presiden negara itu, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan masa berkabung selama tujuh hari pada hari Senin lalu. []

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *