Game Online Bisa Menimbulkan Haram karena Hal Ini

 Game Online Bisa Menimbulkan Haram karena Hal Ini

Bermain game online jangan sampai lupa waktu (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Bermain game online dalam pandangan syariat Islam hukumnya mubah atau boleh. Hanya, kebolehan dalam hukum bermain game tersebut bisa berkonsekuensi pada hukum makruh, bahkan haram.

Sementara itu, menurut hukum fikih, dasar hukum game online yang makruh bisa berubah menjadi haram. Apabila game tersebut dimainkan hanya sebagai selingan atau hiburan tentu tidak menjadi masalah.

Game online hukumnya menjadi makruh jika permainan tersebut membuat orang yang memainkannya lupa waktu dan menyianyiakan waktu yang berharga. Misalnya, seharusnya waktunya digunakan untuk belajar namun malah bermain game.

Jika game tersebut membuat seseorang melalaikan kewajibannya, baik kewajiban yang bersifat duniawi maupun kewajiban ibadah maka hukumnya haram. Misalnya, seorang suami yang seharusnya mencari nafkah malah sibuk menghabiskan waktunya dengan bermain game.

Begitu pun dengan orang yang meninggalkan kewajiban ibadah seperti salat gara-gara bermain game. Meskipun, pada dasarnya hukumnya mubah. Terlebih jika game yang dimainkan tersebut memuat unsur perjudian, maka sudah jelas haram hukumnya.

Syekh Musthafa dalam kitabnya yang berjudul al-Fiqhul Manhaji mengatakan, game online apabila dilakukan secara terus-menerus haramnya bisa menjadi haram. Senada dengan itu, Syekh Wahbah Az Zuhaili juga mempunyai pandangan yang sama, sebagaimana termaktub dalam kitab Fatawa Mu’ashirah.

Sesungguhnya kecanduan pada komputer sangat berbahaya bagi akal. Melihatnya bisa melemahkan panca indra (mata), sedangkan yang baik adalah yang sedang-sedang saja.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 3 =