Cancel Preloader

Gambaran Sosok Rasulullah yang Membuat Orang Tertarik Pada Islam

 Gambaran Sosok Rasulullah yang Membuat Orang Tertarik Pada Islam

Gambaran Rasulullah

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Banyak riwayat yang memberikan gambaran rinci mengenai sosok Rasulullah. Meski tidak diperbolehkan menggambar Nabi Muhammad Saw. Namun dari karakter, gambaran Rasulullah sebagai manusia paling sempurna patut menjadi contoh.

Rasulullah tidak digambarkan sebagai sosok yang mencaci maki. Makiannya yang paling buruk dengan mengatakan “semoga dahinya terkena lumpur”. Jika dia menegur orang pun tidak dengan menegurnya. Dia hanya berkata, “Mengapa ada orang berlaku ini?”

Rasulullah senang senyum dan bercanda. Saat ada candaan yang lucu, dia tidak terbahak-bahak, tapi terlihat semua giginya.

Ada seorang nenek tua datang kepada Nabi, dia berkata, “Doakan saya masuk surga wahai Nabi.” Nabi ingin bercanda, lalu dia berkata, “Di surga tidak ada orang tua.” Kemudian nenek itu menangis. Kemudian Nabi berkata, “Bukan itu maksud saya. Kamu nanti jadi wanita cantik dan muda karena di surga tidak ada yang tua”.

Rasulullah merupakan sosok suami yang sangat mandiri. Setiap pagi, dia memeras sendiri susu sapi untuknya. Kalau ada alas kaki yang robek, dia jahit sendiri. Selain itu, Rasulullah juga merupakan suami yang sangat romantis.

Jika Aisyah minum di satu gelas, di tempat Aisyah meletakkan bibirnya. Rasulullah ambil gelas tersebut dan meletakkan juga bibirnya di tempat itu. Itu semua yang menjadi orang tertarik kepadanya. Di saat yang sama, Rasulullah juga gagah dan berwibawa. Beliau berkata, “Aku mendapat kemenangan karena orang takut kepadaku.”

Menurut para ulama, Rasulullah merupakan seorang yang gagah, berwibawa, orang bersimpati padanya, dan dia juga bersimpati pada orang lain. Inilah yang membuat orang tertarik ajaran Islam bahkan sebelum mengenal ajaran Islam karena beliau menjadi teladan kita semua.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four − one =