Fátima, Astronom Muslim Abad 10 M Asal Madrid

 Fátima, Astronom Muslim Abad 10 M Asal Madrid

Fátima, Astronom Muslim (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Jika selama ini kita lebih banyak mengenal ilmuwan sains muslim didominasi kaum-kaum laki-laki, tampaknya hal itu tidak sepenuhnya benar. Pasalnya terdapat ilmuwan sains muslim pula yang berasal dari kaum perempuan.

Salah satu ilmuwan muslim perempuan yang berkiprah di dunia sains adalah Fátima. Di Eropa nama Fátima lebih banyak dikenal dengan sebutan Fátima de Madrid.

Hal ini dikarekanan sosok Fátima merukalan seorang ahli astronomi yang berasal dari Madrid. Dilansir dari akun Twitter resmi Islam & Science, sosok Fátima adalah seorang ilmuwan muslim perempuan yang hidup di abad ke-10 M.

“Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di Córdoba, pusat terkemuka dunia untuk semua pengetahuan pada saat itu,” tulis laporan tersebut melalui akunnya @IslamScienceNet dikutip Selasa (26/10/2021).

Disebutkan bahwa Fátima merupakan sosok yang melakukan koreksi atas “Tabel Astronomi Al-Khawarizmi”. Dia juga mengerjakan kalender, gerhana, dan visibilitas Bulan.

Dilansir dari Wikipedia, Fátima merupakan putri dari seorang ahli astronomi dan ilmuwan Islam terkenal yakni Maslama al-Majriti. Adapun karya paling terkenal dari sosok Fátima adalah koreksinya atas tabel astronomi Al-Khawarizmi.

Dia juga diduga ikut menulis “A Treatise on the Astrolabe” dengan ayahnya, yang berisi informasi tentang cara menggunakan asstrolab. Saat ini, manuskrip tersebut diduga masih tersimpan di perpustakaan biara El Escorial.

Fátima disebut juga membantu ayahnya mengedit dan mengadaptasi tabel astronomi al-Khawarizmi untuk menggantikan kalender matahari Persia yang digunakan dalam modelnya dengan kalender lunar Islam.

Bersama ayahnya, Fatima juga diduga menerjemahkan penomoran tahun Persia ke tahun Arab dan menentukan posisi planet-planet pada hari Hijriah.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 − 7 =