Fachrul Razi “Dicopot” Terbitlah Gus Yaqut

 Fachrul Razi “Dicopot” Terbitlah Gus Yaqut

Caketum PBNU, Gus Yahya (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali me-reshuffle nama-nama Menteri dalam Kabinet Kerja-nya. Salah satunya ialah Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Lantas apa yang membuat Fachrul Razi harus diganti? Siapakah sosok Yaqut Cholil Qoumas yang saat ini menjabat sebagai Menag?

Pasalnya, sejak awal dilantik, Fachrul Razi kerap mendapat sorotan karena kebijakannya yang tidak sesuai. Diantaranya ialah mengenai penempatan pejabat beragama Islam sebagai Plt Dirjen Bimas Katolik.

Meski Wakil Menag Zainut Tauhid Sa’adi menerangkan bahwa kebijakan tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 2/SE/VII 2019.

Namun Fachrul Razi pun akhirnya mengganti Nur Kholis Setiawan yang ditunjuk sebelumnya, dengan Aloma Sarumaha.

Penuh Kontroversi

Tidak berhenti di sana, Fachrul Razi sejak diamanahi sebagai Menag bukannya mencatat prestasi justru membuat kontoversi. Ia terpaksa mendapat kritikan kembali ketika tidak bertindak saat dibutuhkan.

Saat itu, sekelompok orang melarang ibadah di Kabupaten Sijunjung dan Dhamasraya, Sumatera Barat. Fachrul Razi dinilai tidak responsif menanggapi kasus intoleran tersebut.

Bahkan Presiden Jokowi sempat menyinggung Fachrul Razi ketika menulis di Twitter. Jokowi meminta Menkopolhukam dan Kapolri agar bertindak menyelesaikan kasus tersebut dengan tegas.

Atas kegaduhan yang diperbuatnya tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily pun melarang Fachrul berbicara yang mengarah ke kontroversial.

Resmi Dicopot dari Jabatan

Fachrul Razi resmi dicopot dari jabatan dan digantikan oleh Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (22/12/2020). Menag Yaqut Cholil Qoumas merupakan Ketua Umum PP GP Anshor dan dikenal sebagai sosok yang mencintai Pancasila dan Tauhid.

Gus Yaqut lahir di Rembang, Jawa Timur pada 4 Januari 1975. Ia merupakan putra dari KH M Cholil Bisri yang merupakan salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gus Yaqut diketahui semasa muda aktif dalam organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia cabang Depok (1996-1999). Ia juga sempat menjadi Anggota DPRD Rembang dan Wakil Bupati Rembang.

Gus Yaqut telah resmi menjabat sebagai Menag setelah dipilih Presiden Jokowi dalam reshuffle kabinet kerja di penghujung 2020. Semoga Yaqut Cholil Qoumas mampu menjalankan tugas dan amanah dan membuktikan kinerjanya kepada masyarakat.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two − one =