Ekstream! Makam Khalifah Umar Dibongkar, Siapa Pelakunya?

 Ekstream! Makam Khalifah Umar Dibongkar, Siapa Pelakunya?

Makam Khalifah Umar II Dibongkar

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Sebuah video beredar sejak 27 Maret 2020 lalu menampilkan kehancuran makam khalifah Dinasti Umayyah di Provinsi Idlim, Suriah.

Tidak hanya dibongkar, makam tersebut juga dikabarkan ditemukan dalam kondisi kosong. Beberapa media Arab memberitakan terkait dugaan pelaku hingga motif dari pembongkaran Kalifah Umar. Hingga saat ini pelaku pembongkaran belum diketahui pasti.

Middle East Monitor mengabarkan dugaan terkait terkait siapa pihak yang bertanggung jawab atas pembongkaran makam khalifah, sehingga sempat menjadi trending tersebut. Dalam konfirmasi berita yang dilayangkan sebelumnya menyebutkan makam telah dibongkar oleh tentara bayaran Rusia dan pro-rezim (Suriah) Presiden Bashar al-Assad.

Beberapa waktu kemudian media sosial pro-oposisi menyebutkan mereka yang bertanggung jawab adalah misili Syiah. Hingga ada kabar yang menyebutkan bahwa teroris Iranlah yang melakukan pembongkaran makam Khalifah Dinasti Umayyah tersebut.

Umar bin Abdul Aziz merupakan merupakan khalifah kelima pada Kekhalifahan Dinasti Umayyah yang memimpin dari tahun 717 hingga 720. Ia merupakan cicit dari Khalifah Umar bin Khattab.

Sebelumya pada Februari 2020 diketahui situs makam-makam yang terletak di Desa Deir Al-Sharqi, daerah Maarat Al-Nu’man direbut pasukan Assad dan misili pro rezim Suriah.

Tidak hanya makam Umar bin Abdul Aziz saja yang dibongkar, makam istri dan pelanyannya juga turut dibongkar oleh pelaku dan hingga kini belum ada informasi seputar keberadaan sisa-sisa jenazah sang khalifah. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve − 1 =