Dukung Palestina, Suporter Bola di Jerman Ramai-Ramai Pakai Topi Semangka di EURO 2024

 Dukung Palestina, Suporter Bola di Jerman Ramai-Ramai Pakai Topi Semangka di EURO 2024

Dukungan Suporter Jerman Pada Palestina

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Aksi simbolis dukungan ke Palestina diberikan kepada para supporter bola di Jerman saat hajatan EURO (Paiala Eropa) 2024.

Aksi solidaritas kepada Palestina ini ditunjukkan para superter dengan mengenakan atribut topi bergambarkan buah semangka yang identik dengan bendera Palestina.

Dimana gambar buah semangka itu dibordir di bagian topi depan. Pemandangan itu terlihat dalam beberapa kali pertandingan fase grup selama gelaran EURO 2024.

Diantaranya saat pertandingan Spanyol melawan Italia pada 20 Juni lalu di Gelsenkirchen. Begitupa saat pertandingan Turki lawan Portugal pada 22 Juni di Dortmund juga ditemukan sejumlah supporter mengenakan topi semangka.

Tak hanya itu, pemandangan supporter mengenakan topi bergambar semangka juga didapati saat pertandingan antara Skotlandia vs Hongaria di Stuttgart.

“Kami ingin suara kami didengar di sini mengenai penindasan yang dilakukan (Israel) terhadap saudara-saudara kami di Palestina,” kata Mehmet Simsek suporter asal Turki dilansir dari Anadolu Agency, Jumat (28/6/2024).

Lebih lanjut, Simsek juga mengatakan bahwa umat Islam harus turut prihatin terhadap penindasan yang dialami rakyat Palestina.

Mengenakan topi bergambar semangka kata Simsek disebutnya sebagai bentuk protes atas tindakan genosida di Palestina.

“(Kita) tidak mungkin menutup mata terhadap genosida ini (terhadap warga Palestina),” sambungnya.

Menurutnya orang-orang yang melakukan genosida ini di Gaza, pernah menghadapi genosida di masa lalu. Sekarang Israel justru melakukan hal serupa kepada bangsa yang dulu pernah menolongnya. []

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *