Doa Wudhu Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

 Doa Wudhu Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kandungan Air Zamzam Berbeda dengan Air Biasa (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Wudhu salah satu sarana mensucikan diri dari hadas kecil sebelum menunaikan salat. Di dalam doa wudhu tersebut pun ada banyak kandungan makna yang begitu luar biasa keutamaannya.

Maka ketika wudhu, ucapkanlah doa sehingga menjadi perantara untuk sampai kepada-Nya. Untuk itu, Anda perlu hafal dan memahami makna doa wudhu, berikut ini doa wudhu lengkap dengan bahasa Arab, latin dan artinya.

Anda dapat mengamalkan doa ini sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, allohummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin.

Artinya: Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.

Perintah wudhu ini langsung Allah SWT. turunkan dalam Alquran, selain itu ada pula hadis Nabi Saw yang mengungkap keutamaan wudhu dan doanya.

Dalam buku  Zikir dan Doa Penting Sehari-hari, diriwayatkan dari Umar r.a., Rasulullah Saw. bersabda:

“Siapa yang ketika berwudhu mengucapkan:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

(Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, allohummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin)

Maka dibukakan baginya delapan pintu surga. Dia bisa masuk dari pintu mana saja yang dia kehendaki,” (HR Muslim).

Demikian doa wudhu lengkap dengan bahasa Arab, latin dan terjemahnya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menghafal dan memahami makna dari lafaz yang Anda ucapkan ketika wudhu tersebut. Wallahu’alam.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *