Doa Setelah Membaca Surat Yasin

 Doa Setelah Membaca Surat Yasin

Redaksi Doa (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Membaca surat Yasin memiliki banyak keutamaan, khususnya di malam Jumat. Malam dibukanya pintu-pintu kebaikan bagi amalan yang dilakukan. Ada doa yang baik dibaca setelah membaca surat Yasin. Dilansir dari Republika, begini doanya:

سبحان من جعل خزائنه بين الكاف والنون، سبحان من إذا أراد شيئاً إنّما يقول له كن فيكون، يا مُفرّج فرّج، يا مُفرّج فرّج، يا مُفرّج فرّج، فرّج عنّا همومنا وغمومنا، فرجاً عاجلاً برحمتك يا أرحم الراحمين، الحمد لله ربّ العالمين اللهم صلّ على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلّم، اللهمّ إنا نستحفظك ونستودعك أدياننا وأنفسنا وأهلنا وأموالنا وأولادنا وكلّ شيء أعطيتنا، اللهم اجعلنا وإياهم في كنفك وأمانتك وجوارك وعياذك من كل شيطانٍ مَريد، وجبّار عنيد، وذي عين وذي بغيٍ، ومن شرّ كل ذي شرّ، إنّك على كل شيء قدير

Subhana man ja’ala khazainahu bainal kafi wannuni. Subhana man idza arada syaian innama yaqulu lahu kun fayakunu, ya Mufarrijun farrij, ya Mufarrijun farrij, ya Mufarrijun farrij, farrij ‘anna humumana wa ghumumana, farjan ‘ajilan birahmatika ya arhamarrahimin, alhamdulillahirabbil ‘alamina Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wasallim, Allahumma inna nastahfizhuka wa nastaudiuka adyanana, wa anfusana wa ahlana wa amwalana wa awladana wa kulla syain a’thaitana, allahummaj’alna wa iyyahu, fi kanafika wa amanatika wa jiwarika wa ‘idzyaka min kulli syaithanin marid wa jabbarin anid wa dzi baghyi wa min syarri kulli dzi syarrin, innaka ala kulli syain qadir.

Artinya:

“Mahasuci yang Menjadikan kekayaan-Nya antara Kaf dan Nun, Mahasuci Yang jika Dia berkehendak. Cukup mengatakan ‘Jadi  maka jadilah’. Wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, wahai Yang Melepaskan lepaskanlah. Wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, lepaskanlah kesedihan dan kegundahan kami. Kemudahan yang segera dengan rahmat-Mu wahai yang Maha paling pemurah dari para pemurah.

Segala puji bagi Tuhan semesta Alam, Ya Allah bersalawat dan bersalam-lah atas Baginda Muhammad, keuarga, dan sahabatnya. Ya Allah kami meminta perlindungan dan penjagaan atas agama, jiwa, keluarga, harta, dan anak kami, serta segala apa yang Engkau berikan kepada kami.

Jadikanlah kami dan mereka dalam pelukan-Mu dan amanat-Mu, di sisi-Mu, dan perlindungan-Mu. Dari setiap setan yang durhaka, kasar dan membangkang, dari kejatan sihir, dan para pengkhinat, serta dari segala yang memiliki keburukan. Sesungguhnya Engkau Mahaberkuasa atas segala sesuatu.”

Syekh Abdul Aziz bin Baaz, ulama Arab Saudi mengatakan, jika seorang Muslim berdoa setelah selesai mengaji maka tidak ada yang salah. Jika doa itu tidak diucapkan setelah membaca Surat Yasin pun tidak apa-apa karena doa tersebut tidak disebutkan oleh Rasulullah Saw.

Namun, ada sebuah hadis doa yang disampaikan setelah membaca Alquran pada umumnya dan bukan setelah membaca surat Yasin. Hadis tersebut diriwayatkan dari Imran bin Husain dalam Shahih Tarmidzi, bahwa Husain mendengar Rasulullah Saw mengatakan:

من قرأ القرآنَ، فليسألِ اللهَ به، فإنه سيجيءُ أقوامٌ يقرءونَ القرآنَ يسألونَ به الناسَ

“Siapa pun yang membaca Alquran maka mintalah kepada Allah SWT dengan bacaannya itu. Karena akan datang waktunya di mana orang-orang yang membaca Alquran meminta kepada manusia atas bacaannya.”

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen + thirteen =