Cancel Preloader

Doa Menyambut Bulan Puasa

 Doa Menyambut Bulan Puasa

Doa Menyambut Puasa (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Dalam menyambut bulan puasa atau Ramadhan, sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk bersuka cita dan memanjatkan doa. Sebab orang yang merasa biasa saja dalam menyambut bulan puasa, bahkan merasa sama seperti bulan bulan lainnya merupakan salah satu ciri orang sombong.

Orang tersebut tidak merasa khawatir akan umurnya, dan dosa-dosa yang telah dilakukannya. Apalagi merasa takut jika tidak mampu menikmati indahnya bulan puasa. Naudzubillah.

Dengan doa menyambut bulan puasa, Allah akan membuka hati kita bahwa ada hari yang abadi yaitu ketika di akhirat kelak. Dengan demikian sehingga kita dijauhkan dari sifat sombong.

Menyambut bulan puasa dengan doa akan lebih menyadarkan kita untuk memperbaiki diri sehingga pada bulan puasa kita bisa menjalani ibadah dengan ikhlas. Harapannya dapat ‘terlahir kembali’ sebagai pribadi yang lebih baik dari sisi akhlak setelah melewati puasa satu bulan penuh nanti

Inilah beberapa doa dalam menyambut bulan puasa, khususnya Ramadhan 1442 H ini, yang dikutip dari dalamislam.com. Di antaranya merupakan surah dalam Alquran dan hadis.

1. Lathaif Al Ma’arif hal. 264

Doa yang dikutip dari kitab Lathaif Al Ma’arif ini dipanjatkan para sahabat Nabi sebagaimana dijelaskan dalam hadis, doa ini adalah hal yang luar biasa. Para sahabat Nabi tersebut bersungguh-sungguh mencari kebaikan dan ridho Allah karena Ramadhan bulan yang tidak boleh terlewati dengan sia-sia.

Para sahabatpun memohon kepada Allah SWT. dalam doa menjelang dan setelah bulan puasa. Inilah doanya:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

2. HR Ahmad No. 888

Menyambut awal Ramadhan, tepatnya ketika melihat hilal, inilah doa yang dianjurkan untuk dibaca. Doa ini diriwayatkan dalam sebuah hadis:

Allahuakbar, Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan) adalah Allah.”

Para sahabat juga mengamalkan doa yang mengandung harapan agar selama menjalankan ibadah puasa diberikan keselamatan. Di bulan Ramadhan kita tentu berharap bisa mengisinya dengan hal hal yang dicintai oleh Allah.

4. HR Muslim

Sebagai manusia yang lemah, Allah Maha kuasa membolak-balikkan hati manusia. Untuk itu pada jaman dahulu, Rasulullah Saw dan para sahabatnya dalam menyambut bulan puasa memanjatkan doa untuk memohon keimanan yang kuat.

Doa yang diambil dari HR Muslim ini dibaca agar mendapat petunjuk selama bulan Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa nanti. Inilah doanya:

“Ya Allah, berilah aku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalan dari penyakit, dan kebolehan  untuk menunaikan shalat, puasa, menghidupkan malamnya dam membaca Al Qur’an. Ya Allah, berilah daku keselamatan di bulan Ramadhan. Terimalah seluruhnya ibadah puasaku dan ibadah ibadah lain di bulan Ramadhan, maka bila Ramadhan berlalu dariku, Engkau sudah memaafkan dan mengampuni dosa dosa ku.

5. QS Yunus : 58

Sampaikanlah wahai Nabi Muhammad, bersama karunia Allah dan rahmat Nya, hendaknya bersama itu mereka bergembira. Karunia Allah dan Rahmat Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan dari harta benda.” (QS. Yunus: 58)

Di bulan Ramadhan, Allah menebarkan rahmat dan karunia-Nya kepada setiap hamba. Sudah selayaknya kita sambut rahmat dan karunia itu dengan suka cita dalam gema Ramadhan, misalnya dengan memperbanyak doa kepada Allah agar dapat bertemu bulan yang paling mulia tersebut di tahun berikutnya.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − 2 =